iden

UMK Resmikan Pojok Bursa Efek Indonesia

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK- Media pembelajaran di Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus (UMK) lebih lengkap setelah diresmikannya pendirian Pojok Bursa Efek Indonesia (BEI) oleh Direktur Pengembangan BEI, Friderica Widyasari Dewi bersama Rektor UMK, Prof. DR. dr. Sarjadi, Sp. PA. pada Jum’at (27/5).
Friderica berpesan agar Pojok BEI ditangani sedemikian rupa sehingga tidak mati di tengah jalan. “Aktif atau tidaknya tergantung pengelola. Yang jelas kami siap membantu terkait program-program pengembangannya,” ujar wanita kelahiran Cepu ini.
Di Pojok BEI, jelasnya, mahasiswa tidak hanya mempraktikkan teori pada materi perkuliahan, namun mereka juga dapat langsung berinvestasi. Ia mencontohkan di beberapa perguruan tinggi yang telah menjalankannya.
“Di beberapa perguruan tinggi, mahasiswa secara berkelompok iuran secara patungan menanamkan saham. Uang dua juta bisa diinvestasikan,” ujarnya.

 

Sarjadi dalam sambutannya mengatakan, Pojok BEI merupakan pelengkap bagi dosen untuk menyampaikan materi pembelajaran. Melalui Pojok BEI mahasiswa dapat mempelajari secara menyeluruh terkait perekonomian Indonesia. Karena selain diperoleh materi, mahasiswa dapat langsung mempraktikannya dan menganalisa perkembangan perekonomian di Pojok BEI tersebut.
Dengan langsung praktik, tambah Rektor, mahasiswa akan lebih percaya diri untuk berbicara atau menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait persoalan ekonomi bangsa. Pasalnya, materi pembicaraan yang mereka lontarkan berdasarkan sumber valid. “Kasihan kalau mahasiswa Falkultas Ekonomi ditanya soal ekonomi tidak tahu. Dengan Pojok BEI mereka akan lebih percaya diri,” ujarnya
Pojok BEI, bagi Sarjadi, tidak hanya diperuntukkan Fakultas Ekonomi, akan tetapi fakultas lain atau bahkan masyarakat bisa memanfaatkannya.
Ketua Panitia Peresmian, Dwi Soegiarto, SE MM mengatakan, keberadaan Pojok BEI akan meningkatkan kompetensi mahasiswa Fakultas Ekonomi. “Bukan hanya kompetensi, peluang mereka untuk sejahtera juga mungkin terwujud dengan melakukan investasi,” katanya.
Selain BEI, jelas Dwi, dalam mendirikan Pojok BEI pihaknya juga bekerjasama dengan PT Indoprimer Securities. Pasalnya, untuk dapat bertransaksi di bursa efek calon investor harus melalui perantara, salah satunya perusahaan tersebut. (Farih/Hery-Portal UMK)