iden

Seminar Psikologi Multikulturalisme di UMK

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK- Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus (UMK) menyelenggarakan Seminar Nasional Psikologi Multikulturalisme pada Senin (9/5) di Hotel Kenari Kudus. Seminar yang mengangkat tema “Upaya Membumikan Semboyan Bhineka Tunggal Ika Sebagai Salah Satu Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara” ini berlangsung mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. “Pembicara seminar kami datangkan dari Universitas Indonesia (UI) dan Komnas HAM,” kata Ketua Seminar, M. Widjanarko, S.Psi., M.Si.

Sebagaimana jadwal yang telah disusun panitia, seminar akan dibagi dalam empat sesi. Pada sesi pertama, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus akan menyampaikan materi mengenai “Realitas Kehidupan Multikulturalisme di Kudus”, dan Guru Besar Psikologi Sosial Universitas Indonesia (UI), Prof. Dr. Hamdi Muluk akan menyampaikan makalah berjudul “Peran Psikologi dalam Kehidupan Multikulturalisme di Masyarakat”

 

Pada sesi kedua, Komisioner Sub. Komisi Pendidikan dan Penyuluhan Komnas HAM, Hesty Armiwulan, SH, M.Hum., menyampaikan makalah mengenai “Kebijakan Komnas HAM bagi Perlindungan Kaum Minoritas”, serta Direktur IMPULSE (Institute For Multiculturalism & Pluralism Studies), Gutomo Priyatmono, M.Hum., dengan materi hasil risetnya terkait “Kehidupan Multikulturalisme di Indonesia”. Pada sesi berikutnya, seminar akan dilanjutkan dengan presentasi paper peserta dari berbagai perguruan tinggi (PT) negeri dan swasta se Indonesia. (Farih/Hoery- Portal)