iden

UMK Lantik 393 Wisudawan

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK- Sebanyak 393 wisudawan ke-46 dilantik dalam Rapat Senat Terbuka Universitas Muria Kudus (UMK) pada hari ini, Rabu (27/4).

Peserta wisuda kali ini adalah sebanyak 53 sarjana magister (S2), 296 sarjana (S1), dan  44 sarjana muda (D3). Wisudawan/wisudawati yang meraih predikat terbaik pada wisuda kali ini di antaranya; Fakultas Ekonomi, Dewi Masitoh, MM, IPK 3,50, Fakultas Hukum, Bambang Sucipto, MH, IPK 3,80, Program Magister dan Marlinda Pryamsari, SH, IPK 3,62, S1, FKIP, Aan Nurul Amanah, S.Pd, IPK 3,34, Progdi Bimbingan dan Konseling dan Suatman, S.Pd, IPK 3,61, Progdi Bahasa Inggris, Fakultas Pertanian, Adi Suparyono, SP, IPK 3,13, dan Fakultas Teknik Wiwit Agus Triyanto, S.Kom, IPK 3,56, Progdi Sistem Informasi dan Joko Budi Utomo, A.Md, IPK 3,58, Progdi Teknik Mesin).

Sarjana “Cerdas dan Santun”
“Cerdas dan Santun” menjadi jargon UMK. Sarjana UMK memiliki kemampuan dan ilmu dan kepribadian. Mereka diharap untuk bersikap rendah diri. “Tantangan di masyarakat, ke depan lebih besar. Meskipun saudara memiliki kelebihan, janganlah bersikap takabur dan sombong. Tundukkanlah hati saudara, buktikanlah kelebihan itu dengan karya nyata yang bermanfaat bagi masyarakat,” begitu pesan Rektor UMK, Prof. Dr. dr. Sarjadi, Sp.PA.

Agar kualitas lulusan bermutu tinggi, jelas rektor, UMK selalu mengevaluasi diri lembaga. Karena fakta menunjukkan bahwa hanya perguruan tinggi yang mengedepankan mutu lah yang tetap bertahan dan berkembang. “Mutu yang baik didapat bukan dengan slogan yang megah akan tetapi diraih dengan kesungguhan dan kesadaran penuh untuk berkarya dan bekerja,” tegas Sarjadi.
Tahun ini, UMK telah mendapat perbaharuan Akreditasi dari BAN PT, yaitu Progdi Manajemen (S1) dan Progdi BK FKIP, masing-masing mendapat akreditasi B. Untuk beberapa bulan ke depan Progdi Akuntasi (S1) dan Progdi Psikologi (S1) akan mengajukan pembaharuan akreditasinya.

“Agar akreditasi Progdi Psikologi mendapat predikat B, maka UMK membangun satu unit gedung 4 lantai, untuk Fakultas Psikologi dan Fakultas Pertanian,” katanya.

Tahun ini, juga memenangi program PHKI B yang diselenggarakan oleh Dikti. Dalam kurun waktu 3 tahun ke depan, dana dari Dikti akan dimanfaatkan untuk melengkapi dan mengembangkan Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Fakultas KIP-BK.

Dalam kurun waktu 6 bulan terakhir, tambah rektor, UMK telah mendapatkan tambahan lulusan doktor sebanyak 4 dosen dan magister sebanyak 8 dosen. “Tiga doktor tadi, juga mendapatkan biaya short course di luar negeri (Australia dan Amerika),” jelasnya.

Sampai kini, UMK telah memiliki dosen berpendidikan S3 sebanyak 8 dosen, S2 sebanyak 105 dosen dan S1 sebanyak 38 dosen. “24 dosen masih tugas belajar ke jenjang S2, dan ke jenjang S3 sebanyak 10 dosen,” pungkasnya. (Farih/Hoery-Portal)