iden

Kuliah Umum Sertifikasi Teknologi Informasi

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK – Sertifikasi Information Technology (IT), sangatlah penting bagi peningkatan kompetensi mahasiswa, terlebih mahasiswa FT-Sistem Informasi (SI). Selain memberikan kredibilitas dan menunjukkan kompetensi serta kemampuan pemiliknya yang telah teruji sehingga patut untuk dihargai,  juga memberikan keunggulan bersaing bagi perusahaan.
Pengenalan sertifikasi IT itu disampaikan dalam kuliah umum dihadapan mahasiswa FT-SI semester dua yang bertempat di Auditorium Universitas Muria Kudus (UMK) Selasa kemarin (22/03).
“Permasalahannya adalah bagaimana employer dapat mengetahui bahwa SDM yang dicarinya berkualitas tanpa perlu ia membuang waktu dan tenaga untuk menguji satu-persatu calon karyawannya. Dan itu dapat dijawab dengan sertifikasi,” Tutur Syaiful Muzid, S.Kom dosen tamu kuliah umum tersebut. Karena dalam sertifikasi ini, tambahnya telah mencapai tujuan berupa terbentuknya tenaga praktisi TI yang berkualitas tinggi, memiliki standar kerja TI yang tinggi, dan pengembangan profesional yang berkesinambungan.

Sertifikasi yang umumnya dikenal oleh masyarakat sebenarnya ada dua, yakni sertifikasi akademik dan sertifikasi profesi.

“Sedangkan sertifikasi IT sendiri jenisnya berupa sertifikasi untuk bahasa pemograman, sertifikasi untuk database, sertifikasi untuk jaringan komputer, sertifikasi untuk office (aplikasi desktop), sertifikasi untuk web master, dan Sertifikasi untuk audit IT,” terangnya pada para peserta.
“Setelah mengikuti kuliah umum ini saya jadi tahu bahwa sertifikasi tidak hanya untuk guru saja. Tidak semua orang bisa mendapatkan sertifikasi profesi, harus memiliki kompetensi untuk di uji,” jelas Ayu Hakim, mahasiswa FT-SI semester dua seusai mengikuti kuliah umum.
Kegiatan kuliah umum ini diadakan dalam serangkaian acara pelantikan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) SI-FT UMK periode 2011/2012 yang diikuti  sebanyak 200 peserta. “Adanya kegiatan ini saya berharap mahasiswa FT-SI semester dua nantinya berminat untuk bergabung dan berperan aktif dalam organisasi HMJ yang baru berdiri pada tahun 2009/2010. Tidak hanya kuliah saja tapi aktif mencari bekal sebelum terjun di masyarakat,” harap Ketua HMJ SI, Setiorini. (Kholidin /Portal UMK)