iden

Dialog Fakultas Agar Lebih Berkualitas

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK – Agar mencapai tujuan pengajaran yang efisien dan berkualitas, Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus (FPsi-UMK) melalui BEM FPsi menggelar dialog fakultas. Dengan model dialog yang mensetarakan mahasiswa dan dosen dalam posisi yang sama, diharapkan mampu saling terbuka dalam memberikan masukan dan saran yang membangun pada pihak fakultas, hal itu disampaikan Dekan Fakultas Psikologi UMK, Drs. M. Suharsono, MSi saat memberikan sambutan, Kamis (10/02).
“Ibarat angkot, saya sebagai supir dan butuh informasi dari para penumpang agar dalam perjalanan mencapai tujuan dengan cepat, nyaman, dan efisien,” tutur Dekan, mengibaratkan perjalanan fakultas layaknya modal transportasi. Para mahasiswa dari perwakilan angkatan 2006 hingga 2010 yang mengikuti acara tersebut pun sering memberikan pertanyaan seputar objektivitas dosen dalam memberikan nilai, cara mengajar, hingga kelayakan gedung  demi kelancaran prosses perkuliahan dan berkegiatan bagi mahasiswa.
“Saya berharap dosen itu senyumnya lebar terhadap mahasiswa, agar mahasiswa menjadi adem (nyaman, red) saat kuliah berlangsung,” ujar Fauzi yang menganggap ada beberapa dosen yang dirasanya kurang ramah.

Sementara ada pula mahasiswa yang mengeluhkan nilai yang sama setelah mengulangi mata kuliah praktikum, padahal untuk menyelesaikan mata kuliah tersebut mahasiswa membutuhkan dana double guna membayar administrasi tes dan mengganti ongkos testee, sedangkan harapan mahasiswa setelah mengulang akan memperoleh nilai yang lebih baik.

Berbagai ganjalan para mahasiswa itu pun terjawab sudah oleh para dosen yang terkait, dialog berakhir dengan senyum, meski sempat beberapa kali suasana memanas selama acara berlangsung. Rencananya, pihak fakultas sendiri akan mendiskusikan kembali berbagai masukan dan saran yang telah disampaikan mahasiswa tersebut untuk dicarikan jalan keluar yang terbaik demi kemajuan bersama.
“Kita tidak boleh kalah dengan fasilitas yang minim, karena tenaga pengajar kita sudah magister semua, dan harapan kita ditahun depan kita sudah mendapat gedung baru untuk menunjang kegiatan perkuliahan yang lebih nyaman,” tandas pria berkacamata. Selain itu, dekan melihat prestasi yang dimiliki mahasiswanya cukup beragam, dari yang nulis puisi, artikel yang sering dimuat dimedia, main musik, hingga ditiap tahunnya mahasiswanya selalu ada yang lolos seleksi Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM), dan berbagai prestasi lainnya yang membuatnya appreciate terhadap mahasiswa. (Kholidin/Portal UMK).