iden

Tahun 2010 UMK Tambah 4 Doktor Baru

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK- Dua dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK), Drs Slamet Utomo, MPd dan Drs Achmad Hilal Madjdi, M. Pd berhasil memperoleh gelar doktor dari Program Pasca Sarjana (PPs) Universitas Negeri Semarang (Unnes) secara bersamaan di penghujung Bulan November 2010. Keduanya merupakan doktor ke-7 dan ke-8 Program Pendidikan Bahasa Inggris PPs atau doktor ke 52 dan 53 Unnes.

Dr Slamet Utomo, MPd mengangkat disertasi tentang “The Rhetorical Structure of Barrack Obama’s and Hillary Clinton’s Debates during Democratic Campaign Period of American Presidential Election in 2008”. Sementara Dr Achmad Hilal Madjdi MPd, desertasinya berjudul “English Newspaper Commentaries on The Open Campaign Preceding The 2009 Indonesian Legislative Election”. Baik Dr. Slamet Utomo, dan Dr. Achmad Hilal Madjdi MPd keduanya memperoleh nilai cumlaude (lulus dengan pujian), masing-masing ber IP 3,71 dan 3,81 yang ditempuh selama 3 tahun 2 bulan.

 

Sebelumnya, pada bulan Nopember juga, Fakultas Ekonomi UMK juga mendapatkan tambahan dua orang dosen bergelar doktor yaitu Dr. Mochammad Edris dari Pagram Pasca Sarjana Universitas Airlangga Surabaya dan Dr. Mokhammad Arwani dari Program Pasca Sarjana Universitas Brawijaya Malang. Mochammad Edris mengambil tema disertasi tentang “Pengaruh Kualitas Produk Dan Layanan Serta Harga Terhadap Kepuasaan Dan Loyalitas Nasabah Pembiayaan BPR Syariah di Jawa Tengah. Sementara Dr. Muhammad Arwani disertasinya berjudul "Peran Karakteristik Individu Sebagai Moderator dan Pemasaran Relasional Sebagai Mediator Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas". Masing lulus dengan predikat memuaskan.

 

Dengan tambahan 4 orang doktor baru di UMK ini, jumlah doktor menjadi 6 orang. ”Kami masih menunggu 11 dosen lagi yang menempuh program doktor baik dari dalam maupun luar negeri,” kata Iskandar WIbawa, SH, MH, selaku Pembantu Rektor II UMK.
Dr Slamet Utomo diuji dihadapan Ketua Tim Penguji Prof Dr Sudijono Sastroatmojo Msi (Rektor), Sekretaris Prof Dr Maman Rachman MSi (Direktur PPs Unnes), Prof Mursid Saleh MA, PhD (Promotor yang juga Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris PPs), co-promotor Prof Dr Joko Nurkamto MPd (yang juga dosen UNS), anggota promotor Prof Dr Warsono MA (dosen PPs Unnes), Prof Dr M Sri Samiati Tarjana (penguji asal UNS), Prof Retmono PhD (penguji, PPs Unnes). Dalam desertasinya Slamet mengambil fokus pada pola-pola tujuan komunikasi dan juga nilai persuasi dari teks, linguistic features yang digunakan untuk merealisasikan tujuan komunikasi dan nilai persuasi.

Menurut Slamet perbedaan antara Barrack Obama dan Hillary Clinton terdapat pada cara penggunaan alat kebahasaan untuk merealisasikan retorika yang mereka tawarkan. Ini disebabkan perbedaan argumen pendekatan yang ditawarkan untuk menyelesaikan masalah-masalah di bangsa Amerika.

Implikasi dari penelitian Slamet untuk pendidikan Bahasa Inggris bahwa debate genre perlu diajarkan kepada mahasiswa secara eksplisit agar mereka mampu memberikan akses lebih besar terhadap isi debat. Pendekatan ini cocok untuk diajarkan di mata kuliah speaking.

Sementara Dr Achmad Hilal Madjdi MPd diuji oleh Tim Penguji antara lain Ketua Tim Prof Dr Sudijono Sastroatmojo Msi (Rektor), Sekretaris Prof Dr Maman Rachman MSi (Direktur PPs Unnes), Promotor Prof Mursid Saleh, MA, PhD, co-promotor Prof Retmono, MA, PhD, anggota promotor Dr Dwi Rukmini Mpd dan penguji Prof Dr M Sri Samiati T (dosen UNS), Prof Dr Warsono MA (dosen PPs Unnes),

Disertasi Hilal Madjdi menitikberatkan pada analisis pada Generic Structure pada artikel dan editorial The Jakarta Pos dan Tempo Englis Edition selama masa kampanye pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tahun 2009

Dalam penelitian Hilal terdapat perbedaan generic structure pada editorial dan artikel The Jakarta Pos dan Tempo Englis Edition meski dengan genre yang sama. Selain itu, Hilal juga menemukan bahwa idiologi penulis artikel dan editorial selalu dipengaruhi oleh falsafah nasional (kemanusiaan, kesatuan dan keadilan sosial).

Kemampuan pedagogi pada pengajaran Bahasa Inggris khususnya writing menjadi bahasan dalam disertasi Hilal. Menurut Hilal generic structure di teks itu tidak tetap, tetapi masih terbuka untuk dikembangkan oleh siapapun. Hal ini akan memberikan motivasi kepada para siswa untuk menulis dengan percaya diri. (Harun, Heory/Portal)