iden

BPM Menjamin Mutu Perguruan Tinggi

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK-Untuk menciptakan Perguruan Tinggi (PT) yang berkualitas dibutuhkan manajemen yang berkualitas pula. Salah satu usaha untuk menjamin kualitas penyelenggaraan PT adalah adanya Badan Penjaminan Mutu (BPM). Dalam rangka peningkatan kualitas penjaminan mutu, BPM Universitas Murai Kudus (UMK) mengadakan pelatian penjaminan mutu PT dan mutu audit internal selama 5 hari pada akhir November 2010 di Gedung Pasca Sarjana UMK.

“Tujuan dari pelatihan ini untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) agar dapat mengembangkan kualitas PT sebagai bentuk tanggung jawab kepada masyarakat serta dapat melaksanakan audit internal di masing-masing perguruan tinggi,”terang Ir. Masruki Kabib, Ketua BPM UMK.

Pelatihan ini meliputi pendokumentasian bagaimana pelaksanaan penjaminan mutu dan audit internal dan analisis data. “Pelatihan ini dibagi menjadi dua sesi, pada sesi pertama fokus pada pelatihan penjaminan mutu yang dilakukan selama dua hari dan sesi kedua adalah audit internal PT,” tambah Kabib.

Melalui melatihan ini, peserta tidak hanya dibekali teori saja namun juga langsung terjun melakukan praktek di lapangan. “Pada Hari Kamis (25/11/10) peserta yang terbagi menjadi 6 kelompok melakukan praktik audit di setiap program pendidikan (progdi) di UMK,” jelas Kabib.

Peserta pelatihan sebanyak 28 orang baik dari internal dari UMK yang berjumlah 17 orang, dan 10 orang dari eksternal UMK. Yaitu dari Universitas Darul Ulum Islamic Center Sudirman (Undaris) dan satu dari Universitas Semarang (USM). Pelatihan ini mendakan bahwa UMK dipercaya oleh PT lain, “Mereka yang mengikuti pelatihan ini adalah dekan dan progdi di masing-masing perguruan tinggi mereka,” ujarnya.

Pelatihan diakhiri dengan presentasi dari masing-masing kelompok tentang proses audit yang telah mereka lakukan.

Kabib selaku Ketua BPM UMK, hasil pelatihan ini dapat peserta dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu yang ada di progdi masing-masing. (Harun/Portal)