UMK Menggelar Wisuda ke-45

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK- Sabtu (23/10) Universitas Muria Kudus (UMK) mewisuda 529 mahasiswa, dari program Sarjana S-1 dan Diploma III. Jumlah 529 mahasiswa yang akan diwisuda terdiri dari program studi manajemen (S-1) sebanyak 125; Akuntansi (D3) sebanyak 33; Ilmu Hukum (S-1) sebanyak 45; Bimbingan dan Konseling (S-1) sebanyak 78; Pendidikan Bahasa Inggris (S-1) sebanyak 159; Agroteknologi (S-1) ada 2; Teknik Sistem Informasi (S-1) sebanyak 64; Teknik Mesin (D3) ada 5; Teknik Elektro (D3) sebanyak 11; dan Psikologi (S-1) ada 7 lulusan.
Berdasarkan Surat Keputusan Rektor UMK Nomor 15/AK.UMK/Kep/A.19.04/X/2010, 18 Oktober 2010, wisudawan terbaik Lulusan Program Sarjana S-1 dan Diploma Tiga Periode II Tahun 2010 UMK, adalah dari Fakultas Ekonomi diraih Roos Dyah Ockviawati (Manajemen) dengan IP 3,63 dan Dhian Eka Setianingsih (Akuntansi) dengan IP 3,64; Fakultas Hukum lulusan terbaik atas nama Achmad Abdul Aziz Muslim (Ilmu Hukum) dengan IP 3,74; pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (KIP) wisudawan terbaik diraih oleh Richma Hidayati (Bimbingan Konseling) dengan IP 3,54 dan Thomas Baharuddin Assyarofi (Pendidikan Bahasa Inggris) dengan IP 3,75; dan untuk Fakultas Teknik wisudawan terbaik diraih Ambar Setiyani (Sistem Informatika) dengan IP 3,85.
Rektor UMK Prof. Dr. dr. Sarjadi, Sp.PA, menegaskankan, bahwa keberhasilan para wisudawan ke-45 kali ini merupakan langkah awal untuk mencapai keberhasilan-keberhasilan langkah berikutnya. ”Oleh karena itu hendaknya saudara agar tetap mawas diri mengingat tantangan yang lebih besar yang akan dihadapi,” pesan Prof Sarjadi, Retkor UMK.
Prof.Sarjadi juga menyinggung kualitas pendidikan. Menurut Prof. Sarjadi, sejarah panjang dunia pendidikan tinggi telah menunjukkan bahwa faktor utama tetap eksisnya suatu perguruan tinggi sangat ditentukan oleh mutu perguruan tinggi. Dari kacamata masyarakat mutu yang baik apabila lulusan perguruan tinggi tersebut bisa diterima masyarakat, bisa bekerja di masyarakat dan tidak menjadi beban masyarakat.

”Untuk menjawab isu tersebut, UMK telah melaksanakan secara berkelanjutan program peningkatan pendidikan secara berkelanjutan program peningkatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam upaya peningkatan mutu berkelanjutan serta pertanggungjawaban kepada masayarakat terhadap hasil pendidikan, penelitian, dan pengabdian tersebut maka dibentuklah Badan Penjaminan Mutu (BPM). BPM/Tim MONEVIN bersama-sama dengan seluruh sivitas akademik melakukan kontrol terhadap semua kegiatan Tridharma agar sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai,” tegas Prof. Sarjadi.
Adapun standar penilaian dan evaluasi yang berdasarkan ketentuan borang Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang terbaru, telah mampu menganalisa berbagai kelemahan setiap program studi, yang perbaikannya dilaksanakan sepanjang tahun 2010. Borang BAN-PT yang berisi turunan dari 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP), merupakan alat ukur kualitas dari eksternal yang merupakan jalur untuk membawa PT kearah World Class University (WCU).
”Dengan memperbaiki dan meningkatkan kualitas Perguruan Tinggi secara berkelanjutanlah, maka UMK selalu berupaya untuk mendapatkan nilai BAN-PT minimal B untuk usulan akreditasi mendatang. Karenanya UMK merencanakan untuk peningkatan peralatan laboraturium agar bisa terpenuhi/terselesaikan pada akhir tahun 2010. Untuk itu pulalah UMK dengan segala kerendahan hati dengan ketulusan niat untuk membangun bangsa dan negara, mengajak seluruh lapisan masyarakat Kudus dan sekitarnya, Lembaga Legislatif dan Lembaga Eksekutif yang merupakan wakil masyarakat, untuk saling bahu membahu, mewujudkan impian kesejahteraan bagi seluruh Bangsa Indonesia melalui bidang pendidikan,” imbuh Prof. Sarjadi.
”Prestasi yang telah kami peroleh saat ini tidak lain merupakan pijakan untuk memperoleh prestasi yang lebih gemilang di hari esok. Lulusan yang kami hasilkan kali ini merupakan pijakan bagi kami untuk menghasilkan lulusan yang lebih berkulitas di masa mendatang. Kami sampaikan terima kasih sebesar besarnya kepada segenap sivitas akademika dan pegawai di lingkungan univbersitas Muria Kudus yang telah membaktikan diri membangun kampus ini menjadi perguruan tinggi kebangaan masyarakat,” ujar Prof. Sarjadi.
Sedangkan Humas UMK, Zamhuri, mengemukakan, bahwa selain menggelar Wisuda Ke-45 hari ini, UMK juga mengundang para awak media (wartawan) yang ada di Kudus dalam acara media gathering. ”Semoga silaturahmi dalam bentuk media gathering ini bisa mengakrabkan UMK dengan teman-teman media. Dan, yang lebih penting lagi, kita sama-sama bekerja sama untuk memajukan pendidikan di negeri ini,” tandasnya. (Heory/Portal)
 

Berikut Data Mahasiswa Wisuda Universitas Muria Kudus Dapat di Unduh disini