iden

UMK Bekali ESQ Selama 22 hari bagi Mahasiswa Baru

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK-Mahasiswa baru Universitas Muria Kudus (UMK) tahun akademik 2010/2011 diwajibkan mengikuti pelatihan Emotional and Spiritual Quotient (ESQ) yang dimulai sejak Minggu (19/9). Rencananya akan digelar selama 22 hari. Hal ini terkait kondisi teknis antara ruangan dan mahasiswa berjumlah 1.948 orang. "Setiap mahasiswa diwajibkan untuk ikut. Setiap mahasiswa akan dibekali materi ESQ selama dua hari," kata Ketua Panitia, Ir Endang Dwi Murrini, MP, Senin (20/9).

Menurut Rini, yang juga Kepala Lembaga Pendidikan (Lemdik) UMK, acara ini merupakan yang pertama kali diadakan, tahun lalu mahasiswa hanya dibekali tentang bagaimana menjadi pembelajar yang baik. "Kami bekali Quantum Leraning," tambah Rini.

Sementara itu, Pembantu Rektor I UMK Drs Masluri MM, kegiatan ESQ diadakan untuk memberikan pengetahuan tentang pentingnya kesantunan dan akhlak seorang manusia dalam kehidupannya nanti. "Mahasiswa juga dituntut untuk benar, tidak hanya pintar," tegas Masluri.


Menurut Masluri, selama ini yang terjadi di masyarakat, makin banyak orang pintar yang keblinger. Menggunakan kepintarannya untuk membohongi. Harapannya acara ini mampu memberikan mahasiwa pola pikir yang tidak mementingkan dunia daripada akhirat. "Misi kampus kami sebagai Universitas Kebudayaan ingin mendorong akan terciptanya mahasiswa santun dalam berprilaku, cerdas dalam berpikir," jelasnya.

Salah seorang mahasiswa, Risti Pujianti (21), mengatakan bahwa dirinya senang bisa ikut training ESQ. "Kesempatan yang langka. Saya dapat pelajaran banyak dari training ini. Saya jadi tambah semangat untuk mencapai target-target kehidupan saya dan mengarahkannya menjadi baik," jelas mahasiswa Pendidikan Guru SD ini. Ia berharap ke depan, tetap dilakukan training, agar mahasiswa yang lain juga ikut merasakan kedahsyatan ESQ. (Zaka-Portal)