iden

Ridho dan Ikhlas Menjadikan Rizki Berkah

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK-Setiap saat manusia diberi kesempatan untuk mencari rizki baginya. Mereka diberi akal fikiran untuk tetap hidup dalam dunia. Namun, rizki tidak akan mencukup bagi mereka yang belum mensyukurinya. Rizki yang berkah selalu menjadi impian bagi setiap manusia. Demikian tausiyah KH. Syafiq Nashan, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kudus, saat memberikan ceramah Ramadhan setelah sholat tarwih putaran terakhir Majelis Ulama Indonesia Kabuptaten Kudus di Masjid Darul Ilmi Universitas Muria Kudus (UMK).

Menurut KH. Syafiq Nashan, pengertian berkah adalah bertambahnya kebaikan, namun ada juga yang mengatakan berkah adalah sebuah kekuatan. “Mereka yang tidak mendapatkan keberkahan dalam rizkinya tidak bisa mendapatkan kenyamanan untuk menikmatinya. Banyak orang yang mempunyai rumah mewah, mobil pribadi, istri cantik, namun hidup dalam hotel prodeo, itu adalah contoh rizki yang tidak berkah,” tambah Syafiq.

Ada banyak gambaran yang bisa dibuat teladan dalam hal rizki berkah. Syafiq memberikan contoh dari hal yang terkecil yaitu dari hewan. Dalam pandangnya, ada dua hewan yang saling bertentangan. Satu hewan biasa membantu manusia dan yang satu mengganggu manusia. Ayam adalah hewan yang selalu membantu manusia terutama dalam hal ibadah. Ayam selaku berkokok seiring dengan membangunkan manusia untuk beribadah. Ayam berkokok di setiap menjelang waktu beribadah, mulai pagi buta, menjelang siang, dan menjekang sore ayam berkokok seperti memberi isyarat untuk beribadah. Karena itu, meski ayam dimakan setiap hari, populasi ayam tidak pernah habis. Berbeda dengan kucing, kucing selalu menganggu manusia. Dia mencuri ikan dan keberadaanya biasanya menggagu manusia, karena itu populasi kucing sedikit.


Untuk mendapatkan rizki yang berkah diperlukan perasaan hati yang cukup (nrima). Setiap pemberian dari Tuhan YME harus bisa diterima dengan ridho dan Ikhlas serta tidak ada protes atas pemberian Tuhan. “Ada kunci untuk menjadikan rizki berkah, yaitu menerima dan ridho atas pemberiannya dan tidak protes untuk atas pemberian tersebut Karena kalau tidak ridho, rasa gelisah akan menyelimuti, ” terang Syafiq.

Sebelemum diadakan sholat tarwih dan ceramah ramadhan, diadakan acara khataman al-Qur’an, tausiyah dan buka bersama keluarga besar UMK. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka syukuran atas nikmat dan rizki yang diterima oleh keluarga besar UMK. Semua keluarga baik staf pengajar maupun karyawan beserta keluarganya hadir pada kegiatan tersebut “Kegiatan ini adalah bentuk rasa syukur keluarga besar sivitas UMK, selain untuk memnambah rasa kekeluargaan bagi pengurus, dosen dan karywan Yayasan Pembina UMK, ”jelas Zamhuri, Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) UMK. (Harun/Portal)