iden

Juliana Shepherd, Native Speaker di FKIP UMK

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK-Suasana gemuruh hadir ketika Juliana Shepherd memasuki ruang Masa Perkenalan Mahasiswa Baru (Sapamaba) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus (FKIP UMK). Julia, sapaan akrabnya, adalah native speaker yang akan mengajar dan membantu pengajaran Bahasa Inggris di UMK. “I come here to help people for studying English,” ujar Julia yang lulus dari Cedarville University, Arizona Amerika Serikat.

Julia akan mengajar di UMK selama 11 bulan yang akan dimulai pada pertengahan Oktober 2010. Sebelum mengajar Juliana akan belajar bahasa Indonesia selama 6 Minggu di Semarang. “I will study Indonesian Language in Semarang befose coming here. And I will be fluency in Indonesia”, ujar Julia sambil bercanda.

Juliana datang ke UMK atas kerjasama IMEPCO (Indonesia Menonite Exchange Program Community) dengan FKIP UMK. Juliana akan memberikan materi pengajaran Bahasa Inggris lima hari dalam satu minggu. “Juliana akan memberikan pengajaran bisa dalam bentuk formal (kelas) atau dalam bentuk tidak formal seperti diskusi,”ujar Fajar Katika, Pembantu dekan III FKIP.

Juliana datang pada acara Sapamaba ddi FKIP dalam kapasitasnya sebagai calon native speaker yang akan mengajar di UMK. “Kami memberikan motivasi melalui native speaker kepada mahasiswa. Hal ini sejalan dengan program yang dilakukan oleh bidang kemahasiswaan tentang penalaran mahasiswa,”kata fajar.


Menurut Fajar, bagi Juliana acara Sapamana UMK menjadi gambaran awal dalam mengenal mahasiswa UMK. Sebelum ke Indonesia, Juliana mengunjungi beberapa negara seperti dari Mesir, Maroko, Malaysia, dan Portugal.

Menurut Juliana ia datang ke UMK dengan dua alasan. Pertama, karena senang dengan program pertukaran apalagi dia adalah lulusan mahasiswa hubungan internasional. Kedua, karena hobi dengan berpetualang.

Keberadaan Juliana pada kali ini tidak lepas dari keinginan serius FKIP untuk mendatangkan native speaker ke UMK. “Kami sampai datang ke Kedutaan Amerika Serikat untuk mencari program yang cocok dan bisa dilaksanakan di UMK. Kami mendapatkan sepuluh nomor kontak dari kedutaan. Setelah kami hubungi hanya ada satu yang merespon. Maka, datanglah Juliana Shepherd ke UMK untuk menjadi dosen tamu selama 11 bulan”, tambah Fajar. (Harun-Portal)