iden

Mahasiswa Baru UMK Mengikuti Sapamaba

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK-Sebanyak 1.948 mahasiswa baru Universitas Muria Kudus (UMK) tahun akademik 2010/2011 mengikuti Masa Perkenalan Mahasiswa Baru (Sapamaba) selama 2 hari, 26 dan 27 Agustus 2010. Mahasiswa baru yang mengikuti Sapamaba tersebut merupakan hasil dari proses seleksi calon mahasiswa baru yang diselenggarakan pada dua gelombang dari 3.886 pendaftar di UMK.

Dari jumlah mahasiswa baru tersebut berasal dari 6 Fakultas, masing-masing, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), 828 orang, Fakultas Teknik, 538 orang, Fakultas Ekonomi, 381 orang, Fakultas Hukum 111 orang, Fakultas Psikologi 49 orang, dan Fakultas Pertanian 41 orang.

Menurut Prof. Dr. dr. Sarjadi, Sp.PA, kegiatan Sapamaba merupakan implementasi Keputusan Dirjen Dikti No. 38/DIKTI/Kep/2000 tentang Pengaturan Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru di Perguruan Tinggi, Panduan Umum Pengenalan Kampus Bagi Mahasiswa Baru oleh Dirjen DIKTI tahun 2004, serta Keputusan Rektor No 09/AK.UMK/Kep/A.25.01/VIII/2008 tentang SAPAMABA.

Konsep Sapamaba sendiri berbeda kegiatan perpeloncoan seperti yang terjadi pada masa lalu. “Kegiatan ini lebih menekankan pada usaha memfasilitasi mahasiswa baru dalam rangka beradaptasi dengan lingkungan studi perguruan tinggi (PT),” jelas Sarjadi. Menurut Sarjadi, kegiatan Sapamaba bertujuan agar mahasiswa baru memiliki bekal cukup untuk mengenal dan beradaptasi begaimana seharusnya bersikap, berpola piker dan bertindak di lingkungan PT.


Selaian materi akademik pada Sapamaba, mahasiswa baru UMK juga memndapatkan pembekalan materi training SEQ ( Emotional Spiritual Quotient) Leadership Center yang akan berlangsung mulai 19 sampai 26 september 2010. Adapun materi training ESQ meliputi Unlesh Your Spiritual Intelegence terdiri atas ESQ Overview, ESQ Outer Journey, ESQ Inner Journey Zero Mind Process, Reason for ESQ, Cosmic Awarenes, Inner Value System & Spiritual, Drive, dan Paradigm to Spirituality.

Materi Developing Your Emotional Intelegence yaitu; Star Principle, Angel Star Principle, Leadership Star Principle, Learning Star Principle, Well Organized Star Principle, Spiritual Commitment, Ultimate Integrity, Spiritual Leadership, Continous Improvement, dan Ultimate Synergy.

Materi Let’s Action antara lain; Mission Statement, Character Building, Slf Controling, Strategic Collaboration, Total Action, State Your Mission, Build Your Character, Control Your Step, Build Your Synergy, dan Let’s Move.

Menurut Endang Dewi Murrinie, Kepala Lembaga Pendidikan (Lemdik) UMK, pemberian training ESQ ini mulai diberlakukan pada mahasiswa baru tahun 2010. Pada tahun-tahun sebelumnya materinya berupa training Quantum Learning. “Materi ESQ merupakan program baru bagi mahasiswa dengan harapan agar mahasiswa selain memiliki kecerdasan intelektual, juga memiliki kecerdasan emosi dan spiritual sehingga akan menjadi lulusan yang unggul, berbudi pekerti luhur, berkepribadian luhur, berilmu, berteknologi dan seni sesuai dengan visi UMK,“ tambah Murrinie. (Hoery-Portal)