iden

KKL Itu Mengesankan

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK – Pagi itu (4/08) jam lima empat puluh lima menit Muflikhah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus (UMK) telah berada di kampus, guna mengikuti Kuliah Kunjungan Lapangan (KKL). “Saya pikir saya yang terakhir, dan telah ditunggu banyak orang, rencananya pemberangkatannya kan jam 6, e..ternyata jam 6:30 ”, kata Mahasiswi semester empat itu merasa khawatir jika terlambat.
Setelah ke 28 peserta berkumpul, rombongan KKL pun diberangkatkan dan mulai perlahan meninggalkan kampus UMK tepat pada pukul enam tiga puluh menit. Sesampainya di Semarang, tibalah pada kunjungan pertama mereka di Sekolah Luar Biasa Negeri Semarang.
“Disana saya merasa senang, karena dari awal saya ingin mengetahui peranan psikologi klinis terhadap mereka yang berkebutuhan khusus”, tutur Muf, sembari tersenyum saat di wawancarai portal UMK. Sebelumnya Muf beranggapan bahwa bocah yang memiliki kebutuhan khusus itu susah untuk menanganinya, namun anggapannya itu terbatahkan ketika melihat anak-anak tersebut menunjukkan bakatnya yang luar biasa.
“Mereka ada yang pandai menggambar kartun jepang hanya dalam waktu satu menit, ada pula yang pandai bermain musik, menari, dan menyanyi”, kata Pak Ari Wakil Kepala Sekolah SLB N Semarang. Bahkan kemampuan mereka, sebut saja Kharisma, yang memiliki bakat menyanyi itu pun sempat menjadi bintang tamu pada acara Kick Andy-Metro TV.

 

Selain ke SLB N Semarang, KKL ini juga mengunjungi PT.Coca Cola Bottling Indonesia Central Java, Ungaran dan Gang Sadar, Baturaden-Purwokerto “KKl ini bertujuan agar mahasiswa mampu mengetahui aplikasi mata kuliah psikologi perkembangan, psikologi klinis, psikologi sosial, dan psikologi industri di dunia kerja”, Jelas Sekretaris Fakultas Psikologi UMK, M. Widjanarko, S.Psi., M.Si.
“KKL kemarin mengesankan banget, walaupun cuma dua hari (4-5/08), saya jadi semakin tahu dengan apa yang saya pelajari selama ini, semakin menantang dengan observasi dan wawancara dengan PSK di Gang Sadar, Baturaden”, tutur Nurun Nahari Syarifah, mahasiswi yang mulai suka dengan psikologi sosial itu. (Kholidin/Portal UMK)