iden

Meneropong Perkembangan Mahasiswa Baru UMK (2)

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK-Jerih payah selama lima tahun terakhir ini, kini telah membuahkan hasil. Secara kuantitatif, penerimaan mahasiswa baru dari tahun ke tahun mengalami kenaikan. Fakta ini menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap UMK semakin meningkat. Peningkatan ini disebabkan karena terjadinya peningkatan layanan akademik di UMK. Terutama peningkatan kualitas proses pembelajaran di semua program studi di UMK. Selain itu, terjadi peningkatan fasilitas sarana dan prasarana dan pembukaan program studi baru. Peningkatan kualitas akademik dan bertambahnya fasilitas sarana dan prasarana ini kemudian diinfomasikan secara baik melaui kegiatan promosi.

Di samping itu, keunggulan lain yang dimiliki oleh UMK adalah karena faktor potensi geografis yang merupakan satu-satunya PT yang berbentuk Universitas di wilayah Pantura bagian timur. Hal ini didasarkan pada fakta yang ada di lapangan bahwa sebagian besar mahasiswa UMK berasal dari wilayah karesidenan Pati, yang meliputi wilayah Kudus, Pati, Jepara, Rembang, Blora, dan daerah lainnya.

”Menurut survey yang kami lakukan pada minggu ketiga bulan Maret tahun 2010, alasan utama minat mahasiswa kuliah di adalah karena faktor kedekatan dengan tempat tinggal”, jelas Zamhuri. Data dari humas UMK, jawaban mahasiswa karena faktor tempat tinggal ini sekitar 32% yang merupakan jawaban tertunggi survey tersebut. Jawaban kedua tertinggi berikutnya karena faktor tersedianya program studi yang dibutuhkan masyarakat. Sebanyak 12% mahasiswa karena alasan tersedianya program studi yang dimiliki UMK. Sementara jawaban ketiga tertinggi sekitar 11% alasan mahasiswa kuliah di UMK karena faktor tidak diterima oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Karesidenan Pati yang meliputi Kudus, Pati, Jepara, Rembang dan Blora cukup banyak jumlah perguruan tinggi (PT). PT tersebut berbentuk Akademi, Sekolah Tinggi, dan Universitas. Dari jumlah PT tersebut sebagian besar menyelenggarakan jenjang Diploma III. Namun, keberadaan UMK sangat diperhitungkan oleh masyarakat, hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah mahasiswa tiap tahunnya.

Di UMK, selain jenang Diploma III dan Sarjana, juga telah membuka jenjang Pasca Sarjana (Magister). Program studi yang membuka jalur Pasca Sarjana adalah Progdi Ilmu Hukum (MH) dan Manajemen (MM).

Mulai tahun 2005 sampai dengan tahun 2010 kecenderungan peningkatan jumlah mahasiswa mulai terjadi. Peningkatan pendaftar di UMK tiap tahunnya rata rata sekitar 17% sementara jumlah mahasiswa yang diterima kenaikan tiap tahunnya rata-rata sekitar 12%. Pada tahun 2005 jumlah mahasiswa yang diterima dan herregistrasi sebanyak 1.022 orang sementara pada tahun 2009 sebesar 1.758 orang dengan jumlah program studi 16 buah. Pada tahun 2010, peningkatan jumlah pendaftar melonjak sekitar 50% dari tahun sebelumnya. ”Hal ini menunjukkan masyarakat semakin menyadari UMK bukan lagi Universitas kelas 2,” tambah Drs. Maslri, MM, Pembantu Rektor I.

Dari jumlah pendaftar tersebut menunjukkan UMK memiliki kesempatan untuk melakukan seleksi penerimaan mahasiswa secara proporsional. Terutama untuk program studi yang diminati oleh masyarakat (calon mahasiswa). Program studi yang diminati oleh mahasiswa tersebut antara lain Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris S1, Sistem Informasi S1, Teknik Informatika S1 dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) SI. Khusus untuk progdi PGSD pada tahun 2010 jumlah pendafat meninggat sekitar 400% pada tahun ke-2 ini.(Heory/Portal)