iden
Previous Next

TINGKATKAN DAYA SAING UMKM LOKAL DI ERA DIGITAL, KKN UMK GELAR SOSIALISASI DIGITAL MARKETING BERBASIS MEDIA SOSIAL DI DESA JATISONO

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Tim KKN Universitas Muria Kudus (UMK) mengadakan sosialisasi media pemasaran berbasis sosial digital marketing untuk pelaku UMKM lokal di Desa Jatisono. Sosial digital marketing merupakan cara memasarkan produk dengan menggunakan media sosial.

Di era digital ini, social media marketing menjadi salah satu strategi pemasaran online yang bisa menguntungkan. Pasalnya, dibanding cara pemasaran konvensional, strategi ini dinilai efektif untuk meningkatkan penjualan produk. Kehadiran digital marketing bisa membuka peluang pasar yang lebih luas bagi UMKM. Dengan adanya internet, pelaku usaha tidak lagi dibatasi oleh wilayah geografis. Produk dari berbagai daerah dapat dijangkau oleh konsumen di seluruh Indonesia bahkan hingga luar negeri. Kegiatan tersebut diikuti oleh 14 pelaku UMKM di Desa Jatisono, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak pada 2 September 2024 di Aula Balai Desa Jatisono.

Materi yang disampaikan mencakup strategi pemasaran melalui media sosial, pembuatan konten kreatif dengan memberikan pemahaman lebih mendalam kepada pelaku UMKM tentang pentingnya digitalisasi dalam mendukung keberhasilan usaha yang dimana kegiatan ini dipimpin langsung oleh mahasiswa KKN UMK. Kegiatan tersebut juga mendapat sambutan baik dari para pelau UMKM serta para peserta yang hadir nampak antusias mengikuti sosialisasi dan tanya jawab yang berlangsung interaktif. Salah satu peserta bernama Ibu Asih pemilik usaha bolu, kue, bronis dan kangen water mengaku senang, pasalnya dengan mengikuti sosialisasi tersebut beliau mendapatkan ilmu baru dan kagum dengan materi yang disampaikan oleh tim KKN UMK. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak pelaku UMKM untuk memanfaatkan digital marketing sebagai salah satu upaya memperluas pasar dan meningkatkan pendapatan. Tim KKN UMK juga memberikan pendampingan kepada UMKM dalam hal pengembangan digital agar lebih kompetitif di pasar yang semakin global. Dengan adanya sosialisasi seperti ini, diharapkan UMKM dapat bertahan di era digital dan berkembang lebih pesat.