iden

Meningkatkan Ketertarikan Siswa Melalui PTK

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Guru profesional adalah guru yang senantiasa melakukan refleksi atas apa yang telah direncanakan dan dilakukannya serta mengambil tindakan yang tepat berdasarkan hasil refleksi tersebut. Begitulah penuturan Prof. DR Joko Nurkamto selaku pembicara seminar yang diadakan oleh Progdi Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus (UMK) di ruang seminar UMK. Selasa (01/06).
Seminar dengan tema Teacher Researcher : Toward A Better English language Teaching In Indonesia ini bertujuan untuk melatih guru dan calon guru dalam melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). “Dari hasil penelitian tersebut nantinya berguna dalam meningkatkan kemampuan siswa dan juga pengembangan ilmu pengetahuan,” tambah dosen Universitas Sebelas Maret Surakarta ini.
PTK merupakan penelitian tentang situasi kelas yang dilakukan secara sistemik dengan mengikuti prosedur tertentu. PTK sendiri dodorong oleh permasalahan dalam kelas yang dirasakan oleh seorang guru yang bertugas memberi pelajaran kepada siswa. Sehingga, PTK bertujuan unttuk memecahkan masalah yang timbul dalam kelas atau meningkatkan kualitas siswa.

 


Joko menambahkan, setelah hasil PTK didapat, maka akan menghasilkan kegiatan belajar yang menarik bagi siswa. Sehingga target yang ingin dicapai pun akan lebih mudah. “Penggunaan metode tak hanya sekedar untuk meningkatkan kemampuan siswa, tapi juga untuk meningkatkan ketertarikan siswa,” jelasnya.
Selain itu, Joko mengingatkan, guru yang melakukan PTK tidak boleh mengganggu tugas mengajar karena tugas utamanya adalah mengajar. “Karena jika terlalu focus ke PTK akan mengacaukan kegiatan mengajar, ketika kacau target tak akan tercapai dan itu bertentangan dengan tujuan PTK sendiri,” tuturnya.
Hal tersebut di amini oleh Yuni Ni’mati guru SMA 1 Blora. Yuni sering melakukan PTK di sekolah yang diajarnya. Seperti bagaimana cara untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris. Pada awalnya, dia mendapatkan kendala dalam meningkatkan kemampuan berbicara tersebut.
Namun, setelah melakukan PTK, kemampuan berbicara bisa meningkat dan siswa semakain tertarik. Sedangkan metode yang digunakan dengan cara siswa memberikan tugas kepada siswa untuk menyampaikan seatu tema. Tetapi penyampaian tersebut seperti layaknya penyiar televisi.
Metode tersebut dirasa Yuni ampuh untuk meningkatkan kemampuan bicara siswa. Ini terlihat dari siswa yang biasanya pendiam, bisa turut aktif dalam kegiatan tersebut. “Dari situlah akhirnya siswa saya bisa tertarik dan meningkat,” jelasnya.(Agus/Portal)