iden
Previous Next

Strategi Pengembangan UMKM Bersama Generasi Z

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK – Unit Pelaksana Teknis Keterampilan dan Mata Kuliah Umum (UPT Keterampilan MKU) Universitas Muria Kudus (UMK) menggelar penerjunan Program Pendampingan Kewirausahaan (P2K). Mengusung tema “Pengelola dan Pengmbangan UKM bersama Geberasi Z”, kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Seminar Gedung J lantai V UMK, Kamis (09/11/2023).

Narasumber dalam kegiatan tersebut, Kepala Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disnakerperinkopukm) Kabupaten Kudus, Dra. Rini Kartika Hadi Ahmawati, MM menyampaikan, strategi pengembangan UMKM bersama generasi-Z memiliki 3 poin utama. Pertama kolaborasi pemasaran, pelatihan dan bimbingan, serta pemahaman konsumen.

“Kolaborasi pemasaran, artinya Generasi Z dan UMKM dapat bekerja sama untuk mengembangkan kampanye pemasaran yang kreatif dan efektif. Kemudian pelatihan dan bimbingan berarti Generasi Z dapat memberikan pelatihan dan bimbingan kepada pemilik UMKM tentang penggunaan teknologi dan pemasaran digital,” jelasnya.

“Terakhir, dengan pemahaman yang mendalam tentang preferensi konsumen, Generasi Z dapat merancang produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan,” sambungnya.

Lebih lanjut, Kepala Disnakerperinkopukm Kudus menambahkan, peran generasi Z dalam pembangunan UMKM meliputi inovasi produk dan layanan, penggunaan teknologi, serta pemasaran kreatif. Sehingga, diharapkan Generasi Z dapat memberikan ide inovatif untuk mengembangkan produk dan layanan yang menarik bagi pasar saat ini.

“Mereka (generasi Z) memiliki pemahaman mendalam tentang teknologi dan mampu menjalankan bisnis secara efisien dengan memanfaatkannya. Mereka juga memiliki kreativitas dalam merancang kampanye pemasaran yang unik dan menarik perhatian target pasar,” pungkasnya. (Humas-UMK)