iden
Previous Next

Lestarikan Keanekaragaman Hayati, UMK Lepas 500 Burung saat PKKMB

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK - Dalam rangkaian acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2023, Universitas Muria Kudus (UMK) juga mengadakan event monumental berupa Pelepasan Burung di Lingkungan UMK. Kegiatan ini diselenggarakan di halaman Gedung Rektorat UMK, Jum'at (15/09/2023).

Rektor UMK, Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan, pelepasliaran burung ini adalah upaya yang dilakukan oleh seluruh civitas akademika Universitas Muria Kudus untuk melestarikan keanekaragaman hayati. Khususnya, dilakukan untuk menjaga keseimbangan lingkungan.

“Kegiatan pelepasan liar burung kembali ke alam, diharapkan mampu memberikan kontribusi positif dalam menjaga dan mempertahankan populasi burung-burung berkicau di habitat aslinya, sehingga terhindar dari ancaman kepunahan,” tuturnya.

Menambahkan, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kesehatan, Keselamatan Kerja, Kebencanaan, dan Lingkungan (K4L) UMK, Drs. Hendy Hendro Hadi Sridjono, M. Si. mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan berlandas dari aktivitas yang dilakukan sebagian masyarakat. Yaitu menangkap burung liar dari alam yang digunakan untuk kepentingan pribadi.

“Oleh sebab itu, kegiatan ini diharapkan mampu memberi kesadaran kepada seluruh civitas akademika UMK untuk mencintai flora dan fauna, melestarikan dan turut menjaga keragaman hayati serta menjaga kesimbangan ekosistem dan memberikan suasana lingkungan kampus menjadi lebih asri tenang,” pungkasnya. (Humas-Linfokom)