iden

Masyarakat Sadar Lingkungan

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK- Semakin lama lingkungan semakin rusak. Hal ini membutuhkan penanggulangan segera dari seluruh lapisan masyarakat. Tanpa lingkungan yang baik, kehidupan manusia pun akan terganggu. Dari alasan itulah, Masyitotun Nafi’ah selaku ketua Racana Muria Shima Universitas Muria Kudus (UMK) tergugah untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan.

Sebagai wanita, Dia sedikit banyak terinspirasi oleh Kartini yang mencoba untuk mencerdaskan kaum perempuan di masanya.

“Kalau Kartini di bidang Pendidikan, saya peduli Lingkungan,” ungkap Masyitotun.

Bersama Racana, Masyitotun selalu mendorong masyarakat agar sadar akan lingkungan di sekitar mereka, sehingga tercetus ide untuk membuat Kudus Zero Waste. “Saya berharap kegiatan seperti ini dapat di ikuti oleh masyarakat di sekitar Kudus bahkan nasional,” tambah Masyitotun.

Menurut Masyitotun, dalam menjaga lingkungan, perlu adanya generasi yang sadar lingkungan. Bagi Masyitotun yang lahir di Pati ini, selalu mengadakan kegiatan yang berkaitan lingkungan dengan anak sekolah tingkat MA/SMA. “Ini kami lakukan untuk memotong generasi yang tidak sadar lingkungan,” jelasnya.

 


Berabagai pelatihan pun dilakukan seperti pengolahan kompos. Menurut penuturan wanita yang lahir 21 tahun silam sampah yang ada di sekitar masyarakat, sebetulnya bisa dimanfaatkan menjadi kompos. Namun, masyarakat masih belum tahu, sehingga membutuhkan sosialisasi secara terus menerus.

Lingkungan menjadi hal penting. Karena antara kehidupan dan mayarakat harus berjalan sinergi. “Ketika kita tak bisa berdampingan dengan lingkungan, maka yang terjadi adalan bencana alam,” tambah Masyitotun.

Kepeduliannya pada lingkungan Masyitotun membentuk Komunitas Lingkar Ijo yang terdiri dari anak MA/SMA. Dari sini, Masyitotun berharap agar komunitas ini mampu menyebarluaskan ide-ide mengenai lingkungan.
Masyitotun yang saat ini masih studi di Program studi Bahasa Inggris ini berharap agar seluruh masyarakat semakin sadar lingkungan yang ada di sekitarnya. Agar dampak pemanasan global bisa terkurangi. “Namun itu semua juga harus didukung oleh berbagai kalangan, baik pemerintah maupun masyarakat itu sendiri,” papar Masyitotun.(Agus/Portal)