iden

Lemlit Terus Dukung Para Peneliti UMK

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK-Lembaga Penelitian (Lemlit) Universitas Muria Kudus (UMK) terus melakukan dorongan pada civitas akademika, terutama para dosen. Penelitian tidak hanya bermanfaat mengupas persoalan, tapi menambah keilmuan dan dapat memperdalam analisis para pengajar.

Hal ini disampaikan Ketua Lembaga Penelitian, Drs. Taufik, SE saat ditemui Portal UMK di kantornya. Menurut Taufiq, dengan meneliti staf pengajar dapat menjalin kerjasama serta menambah kesejahteraan. Sebenarnya, anggaran dana atau pagu biaya penelitian dari eksternal sangat besar dan terbuka lebar. Dari program DP2M DIKTI, Kopertis dan lainnya semua itu dapat diakses para dosen. “Sifatnya kompetitif,” jelas Tauqiq.

Melalui Lemlit, UMK mampu merebut kesempatan peluang bergengsi di mata perguruan tinggi (PT) nasional. Beberapa program penelitian eksternal di antaranya, High Link DIKTI biaya penelitian sebesar 250 juta. Strategi Nasional (Stranas) juga pagu yang diberikan sekitar 26 juta.

Selanjutnya, program Hibah Pekerti yang menjalin kerjasama antar perguruan tinggi. Mitra kerja ini terdiri dari Tenaga Pemberi Managemen (TPM) yang biasanya dari PT yang sudah maju dan profesional. Sedangkan Tenaga Pelaksana Penelitian (TPP), PT yang belum memiliki spesialisasi kajian tertentu. Ada juga program Fundamental Bidang Keilmuan, dan masih banyak lagi.

Selain dengan institusi PT atau departemen, Lemlit UMK juga pernah mengadakan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kudus, PT Djarum, dan sebagainya. Menurut Taufiq, iklim dan spirit berkarya melalui penelitian mulai bermunculan. Pembangunan kultur perlu terus dipupuk. “Terlebih dosen muda,” tambah Taufiq, yang kini sedang menempuh kembali studi lanjut S2 program Magister Manajemen (MM) UMK.

Berikut beberapa proposal penelitian para dosen UMK yang telah diterima dari DP2M DIKTI dan Kopertis :
1.Imam Sukrisno (Fakultas Teknik), dengan judul :
“Pengembangan Teknologi dan Pengemasan Bubuk Deterjen Ramah Lingkungan” dari Riset Andalan Perguruan Tinggi dan Industri (RAPID).
2.Dra. Farida Yuliani, MSI (Fakultas Pertanian), dengan judul :
“Pandangan Politik Perempuan Anggota Legislatif Terhadap Ketidakadilan Gender dalam Pengembangan Pertanian di Kabupaten Kudus”
3.Dra. Hj. Ponny Harsanti, Msi, Akt (Fakultas EKonomi) dengan judul :
“Faktor – faktor yang Mempengaruhi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Kudus”
4.Febriyanto Rubiyanto, Msi, Akt dengan judul :
“Persepsi Auditor Internal Bank dan Akuntan Pendidik Mengenai Efektif Metode Pendektisian dan Pencegahan Tindakan Kecurangan pada Sistem Informasi Berbantuan Komputer”.(Ulin/Portal UMK)