iden

Darul Ilmi itu, Rumahnya Ilmu dan Pengetahuan

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK-Pembangunan masjid Universitas Muria Kudus telah usai. Masjid yang belum diresmikan penggunaannya tersebut diberi nama ”Darul ’Ilmi” Bentuk bangunan yang menyerupai masjid – masjid di Persia ini, menjadi tempat sentral kegiatan civitas akademika dalam menunaikan ibadah. Semenjak masjid UMK ini berdiri, meneguhkan kemegahan dan eksotik membuat warga UMK patut berbangga.

Masih ada sedikit penambahan pernak – pernik di beberapa tempat agar tampak lebih cantik. Fahrul Setyo, ST, bagian pembangunan UMK, telah beriniatif dirinya melakukan penambahan seperti pembuatan kolam dan tanaman. Saat Portal UMK beranjak di Masjid, pembangunan berupa kolam air di sudut tangga telah dikerjakan oleh pekerja.

Keberadaan taman dan kolam air mancur di depan bangunan menambah keindahan bangunan masjid. Suara gemiricik air saat waktu magrib tiba memudarkan kegerahan panasnya siang. Dinding-dinding masjid bagian luar diselimuti batu alam hitam. Dua tanaman di kanan – kiri bak menyambut para jamaah untuk solat.

 

Sesuai visi UMK, culture university atau Universitas Kebudayaan mengilhami bagi tempat di mana mahasiswa belajar. UMK yang memiliki enam fakultas, yang masing – masing meluluskan generasi bangsa yang harapannya tidak saja pintar, tapi juga memiliki budi pekerti yang sekarang menjadi sangat berharga.

Menurut Arif, salah seorang mahasiswa yang rajin ke beribadah ke Masjid, fungsi masjid ini tak hanya sebagai tempat ibadah, tapi banyak sekali manfaat yang diperoleh dari bangunan yang menghabiskan megah ini, karena mahasiswa bisa melakukan kegiatan akademik di Masjid in. “Seperti diskusi atau seminar, tambah Arif, mengakhiri komentarnya pada wartawan portal UMK. (Ulin/Portal UMK)