iden
Previous Next

Rektor UMK Presentasikan Pengembangan Inovasi UMK di Kamboja

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK - Rektor Universitas Muria Kudus (UMK), Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si mempresentasikan pengembangan inovasi UMK di National University of Cheasim Kamchaymear (NUCK) Kamboja. Acara itu berlangsung usai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan NUCK, Kamis (19/01/2023).

Dalam rangkaian penandatanganan MoU, Rektor beserta delegasi UMK juga berkesempatan menjadi visiting professor dan visiting lecturer. Pada kesempatan itu, Rektor beserta delegasi UMK mempresentasikan topik-topik sesuai kepakaran masing-masing.

"Ini adalah upaya untuk menperkuat potensi hilirisasi karya produktif yang dihasilkan oleh sivitas UMK, utamanya di kalangan dosen," tutur Rektor UMK saat tiba di UMK, Jum'at (20/01/2023) malam.

Di sisi lain, Rektor NUCK, H.E. Dr. SETH Khan menyampaikan, NUCK memiliki track record yang baik sebagai universitas yang memiliki jejaring global yang banyak. Hal itu guna mewujudkan hilirisasi potensial karya para dosen dan mahasiswa

Sebagai universitas negeri, sambungnya, NUCK lebih berkonsentrasi pada kemandirian dengan mentransformasi produk akademik menjadi income generating yang feasible secara mandiri maupun bersponsor pada sektor privat. Salah satunya dalam konsentrasi pengembangan proyek-proyek inovasi yang didukung oleh Australia, Uni Eropa, Jepang dan negara tetangga seperti Vietnam.

"Diantaranya yang menjadi konsentrasi, adalah produk pertanian dengan pengembangan pisang cavendish, mangga, dan lain-lain. Selain itu, terdapat pula pengembangan serius teaching factory dan business center yang dikelola dengan profesional," terangnya.

Sementara itu, Kepala International Office NUCK, Dr. Sor Ratha mengatakan, setelah penandatangan MoU tersebut, pihak NUCK akan segera merencanakan kunjungan balik ke UMK.

"Kami ingin bertemu dengan para kaprodi untuk menyusun beberapa program sebagai follow up action dari penandatanganan MoU ini," tegasnya.

Sebagai informasi, UMK adalah universitas ke-3 dari Indonesia yang teken MoU dengan NUCK. Hal ini menjadi kesempatan terbuka untuk UMK sebagai MoU payung yang telah ditandatangani. (Humas-Linfokom)