iden
Previous Next

UMK Sambut 39 Mahasiswa Luar Jawa Ikuti Program Mahasiswa Merdeka

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK- Universitas Muria Kudus (UMK) menjadi tujuan program pertukaran pelajar bagi 39 mahasiswa dari berbagai universitas di luar Jawa. Mereka berasal dari 18 perguruan tinggi negri dan swasta dari seluruh Indonesia guna mengikuti Program Mahasiswa Merdeka (PMM) di UMK selama 4 bulan masa studi. Berlangsung di Ruang Seminar Lantai IV Gedung Rektorat UMK (21/9/2022), acara bertajuk "Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya" ini digelar sebagai bentuk pembukaan dan pelepasan mahasiswa inbound dan outbound dalam mengikuti Program Mahasiswa Merdeka (PMM).

Rektor UMK Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si mengatakan, 39 mahasiswa inbound ini akan diberi bekal dan bimbingan di Universitas Muria Kudus, "Akan kami asuh dan kami beri bekal kekayaan di Universitas Muria Kudus, semoga nanti akan memberikan tambahan kapasitas, pemahaman dan ketrampilan pada mahasiswa nusantara ini",ucapnya.

Pada momen tersebut, Rektor UMK juga berkesempatan melepas sebanyak 25 mahasiswa UMK (outbound) yang akan belajar di 18 perguruan tinggi di nusantara, "Melalui program ini, anda akan memperkaya diri atas limpahan endowment dari nusantara yang akan menjadikan anda kaya, berpandangan luas dan menjadi manusia Indonesia yang utuh", terangnya. Prof. Darsono juga mengucapkan terimakasih kepada Kemendikbudristek serta Perguruan Tinggi asal mahasiswa inbound yang telah mempercayakan UMK sebagai tuan rumah pada penyelenggaraan PMM ini.

Rektor UMK berpesan kepada mahasiswa inbound bahwa UMK khususnya kota Kudus adalah kota yang tepat untuk belajar yang dinamakan toleransi, "Anda akan menemukan banyak sekali budaya uniqueness atau keunikan  yang akan anda dapatkan selama belajar disini, karena disini merupakan core of the core dari toleransi keberagaman nusantara", jelasnya. Hal tersebut diharapkan akan menjadi memori yang baik untuk memperkaya diri sebagai anak bangsa.

Sementara itu, Theresia Currie Orisu mahasiswa asal Universitas Papua menyebutkan, kesan pertama yang dirinya dapatkan di Kudus dan UMK adalah bentuk toleransi dan ramah tamahnya. "Saya kagum akan ketoleransi yang ada disini", ucap nya. Mahasiswa jurusan Teknik Pertambangan ini menyebutkan dirinya ingin menambah pengetahuan budaya yang ada di daerah jawa khususnya kudus, "Selain belajar secara akademis disini, saya ingin menambah wawasan budaya di daerah jawa", jelasnya. There juga berharap agar mahasiwa dari Universitas Papua dapat ikut merasakan apa yang dia jalani saat ini, belajar mengenai toleransi, budaya dan keberagaman yang ada di Indonesia. (Humas-Linfokom)