iden
Previous Next

UMK & UNIKA Soegijapranata Bersinergi Perkuat Pendidikan Tinggi Indonesia

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK- Universitas Muria Kudus (UMK) berkunjung ke Universitas Katolik (UNIKA) Soegijapranata Semarang, memperkuat jalinan kerjasama dan bersinergi demi kemajuan pendidikan tinggi Indonesia. Bertempat di Gedung Mikael Lt 2 UNIKA pada Kamis, (16/06/2022), dilakukan agenda penandatanganan nota kesepahaman antara UMK dengan UNIKA Soegijapranata. Memiliki usia yang berdekatan, UMK yang berulang tahun ke-42 bulan ini selisih dua tahun dengan UNIKA Soegijapranata yang berusia 40 tahun. Kerjasama antar kedua perguruan tinggi ini, tentunya untuk mengimplementasikan dan meningkatkan pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi serta pengembangan sumber daya manusia antar kedua belah pihak. Penandatanganan nota kesepahaman ini juga untuk mensinergikan dan mengoptimalkan potensi sumber daya antar keduanya demi memajukan serta memperkuat pendidikan tinggi di Indonesia. 

Rektor UMK, Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si., dalam kunjungan menyampaikan ucapan terimakasihnya karena telah disambut baik oleh UNIKA Soegijapranata. Rektor UMK mengatakan dalam kerjasama ini, UMK dan UNIKA Soegijapranata harus jauh memiliki semangat juang sesuai dengan spirit LLDIKTI one agency one university. "Dalam komunitas tata sivitas universitas swasta ini, kita harus memiliki rasa fighting, penuh multitalenta sehingga kita bisa survive", ucapnya."Mari bersama-sama kita upayakan tumbuh kembangnya tupoksi kita sebagai pengelola perguruan tinggi akademik antara UNIKA Soegijapranata dan Universitas Muria Kudus", tambahnya. Kedepan tentu kerjasama antar keduanya akan terus dijaga demi menumbuh kembangkan visi misi dari kedua universitas untuk mencerdaskan generasi muda indonesia. Menurutnya, posisi perguruan tinggi akademik saat ini selalu dibenturkan dengan stigma bahwa lulusan perguruan tinggi yang tidak siap kerja, padahal perguruan tinggi akademik memang lebih berfokus untuk "lulusan yang siap belajar" berbeda dengan perguruan tinggi vokasi.

Disisi lain, Rektor UNIKA Soegijapranata Dr. Ferdinandus Hindiarto menyambut hangat kedatangan dari Universitas Muria Kudus. Rektor UNIKA Soegijapranata mengatakan, "Sebenarnya pertemuan dan kunjungan ini adalah formalitas saja karena hubungan dan relasi baik antara kita sudah terjalin lama", ucapnya. Salah satu hal yang menarik untuk dilmplementasikan dari UMK adalah keberhasilan UMK dalam meraih pendanaan PKM. UMK yang kembali berhasil menjadi peringkat dua nasional penerima pendanaan program kreatifitas mahasiswa (PKM) memang menjadi prestasi besar dan mendapatkan perhatian dari khalayak. Namun, tantangan dan permasalahan masih cukup kompleks bagi kedua universitas melihat dinamika perguruan tinggi kedepan yang selalu berubah-ubah."Tantangan kedepan sangatlah besar, jika kita tidak saling bersinergi bersama sepertinya akan terasa berat, maka hakikat dari kerjasama ini agar kita bisa saling belajar", ucapnya. Prestasi dan keunggulan dari kedua universitas akan menjadi kombinasi yang baik untuk saling belajar bersama dalam pengelolaan perguruan tinggi swasta yang lebih baik lagi.

Maksud dan tujuan kunjungan UMK ke UNIKA Soegijapranata selain untuk penandatanganan nota kesepahaman tentunya adalah "ngangsu kawruh" antara kedua universitas dimana keduanya akan saling belajar bagaimana tata pengelolaan sistem yang baik antar kedua universitas. Harapannya, jalinan kerjasama antara UMK dengan UNIKA Soegijapranata akan selalu terjaga baik demi kemajuan dan kebaikan bersama. (Humas-Linfokom)