iden

Maksimalkan MBKM, UNU Sunan Giri Gandeng UMK

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

UMK - Universitas Muria Kudus meneken kerjasama dengan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sunan Giri Bojonegoro. Kerjasama ini akan meningkatkan pelaksanaan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM).
Rektor UMK Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si mengatakan, dalam pelaksanaan pendidikan saat ini, trnyata mahasiswa tidak cukup dibekali dengan 'garapan' dan pengajaran dari kampus sendiri. Melainkan butuh sentuhan atau garapan pihak lain agar lebih baik dan berkembang. "Ini yang menjadi salah satu alasan kerjasama dilakukan," katanya saat penandatangan kerjasama Kamis (30/12/2021).
'Garapan' pihak lain, antara lain kerjasama dengan perguruan tinggi maupun perusahaan, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman lebih dalam dunia pendidikan yang digelutinya selama kuliah.
Dirinya berharap, kerjasama yang ditandatangani tidak berhenti di proses seremonial saja, melainkan ada tindaklanjut. "Bagi kami, paling penting adalah tumbuh kembangnya MoU ini," terangnya.
Melihat situs geografi antara UMK dan Unugiri, ada daerah yang butuh sentuhan bersama, sehingga ladang garapan antara UMK dan Unugiri bisa sama. Sehingga garapan tersebut bisa dilakukan bersama-sama kedepannya.
Sementara itu, Rektor UNU Sunan Giri Bijonegoro M. Jauharul Ma'arif, M.Pd.I mengatakan, kerjasama yang ditandatangani dengan UMK merupakan nikmat tersediri bagi UNU Sunan Giri. Karena sebagai bagian untuk pengembangan diri, apalagi UMK memang jauh lebih lama berdiri, sehingga pihaknya banyak belajar dengan UMK kedepannya.
Dirinya setuju dengan apa yang disampaikan oleh Rektor UMK, bahwa kerjasama tidak berhenti di MoU, harus ada tindaklanjut dari kerjasama. Baik MoU antara UMK dengan UNU Sunan Giri maupun perjanjian kerjasama antara Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) UMK dan FKIP UNU Sunan Giri dan Fakultas Teknik UMK dengan Fakultas Sains Teknologi UNU Sunan Giri.
Harapannya kedepan kerjasama terkait tri dharma pendidikan dan MBKM kedepannya bisa jauh lebih baik lagi. (Humas-Linfokom)