iden

Peringati Hari Ozon, Mapala UMK Tanam 500 Pohon

User Rating: 1 / 5

Star ActiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK - Unit Kegiatan Mahsiswa (UKM) Mapala Arga Dahana Universitas Muria Kudus (UMK) melakukan tanam phon di Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, Kudus. Ada sekitar 500 pohon yang ditanam di desa tersebut hingga mendekati Waduk Logung.
Ketua Panitia Mohammad Nurfadli mengatakan, penanaman pohon dalam rangka Hari Ozon Internasional. Saat ini lapisan ozon menipis akibar pencemaran gas klorofluorokarbon (CFC) dan efek rumah kaca yang diakibatkan oleh berbagai gas yang mencemari udara. "Salah satu upaya yang kami lakukan untuk mengurangi dampak negatifnya adalah dengan penanaman pohon," katanya saat penanaman pohon Minggu (26/9/2021).
Kegiatan penanaman pohon dapat mengurangi dampak pemanasan global dengan kemampuan pohon dalam menyerap emisi karbon yang merupakan penyebab terjadinya pemanasan global. Penanaman ini merupakan kegiatan penghijauan pada lahan kosong di luar Kawasan hutan atau di tepi-tepi jalan yang belum ada pepohonannya.
"Selain penghijauan dan memepringati hari ozon, juga bertujuan untuk menambah resapan air dan mengurangi polusi," terangnya.
Dalam pelaksanaan tersebut, pihaknya sudah menyiapkan pasak untuk penyangga tanaman pada 19 September 2021, ada seribu pasak yang dibuat. Selanjutnya pada 25 September, dilakukan pembersihan rumput liar dan lubang untuk lokasi tanaman yang akan ditanam.
Ada 500 pohon yang ditanam, dari jumlah tersebut ada epat jenis tanaman, yakni trembesi, tabibuya, ketapang kencana dan glodokan. "Kami juga membagikan bibit kepada warga, untuk warga kami berikan bibit buah, muali dari rambutan, kelengkeng, nangka hingga matoa," ujarnya.
Untuk perawatan, pihaknya akan melakukan pengecekans ecara rutin hingga tiga bulan atau hingga tanaman tersebut sudah bisa berkembang sendiri. Ketika awal penanaman membutuhkan perawatan, sehingga perlu dicek rutin.
Sementara untuk kegiatan tersebut, pihaknya melibatkan anggota muda Mapala Arga Dahana UMK dan karang taruna masyarakat Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, Kudus. "Kami juga didukung oleh Pokdarwis setempat, Sispala SMK 2 Kudus dan Kepala Desa Kandangmas beserta perangkat desa," imbuhnya.(HUmas-Linfokom)