iden

UMK - NEUST Filipina Tindaklanjuti Kerjasama Sampai Tingkat Fakultas

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK - Universitas Muria Kudus (UMK) dan Nueva Ecija University of Science and Technology (NEUST) Filipina melakukan tindaklanjut kerjasama dengan penandatanganan perjanjian kerjasama fakultas-fakultas  di UMK dan NEUST. Nantinya kerjasama bisa langsung dilakukan antar fakultas di UMK dengan fakultas di NEUST, sehingga akan lebih detail lagi sesuai kepentingan masing-masing.
Rektor UMK, Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si mengatakan, saat ini dunia pendidikan memiliki tantangan besar, mulai dari kualitas pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan hingga teknologi. Selain itu juga beberapa isu pendidikan yang membutuhkan repon cepat. "Untuk itu, kami harus melakukan sinergi dan kolaborasi," katanya saat penandatanganan perjanjian kerjasama via zoom beberapa waktu lalu.
Guna meningkatkan kualitas pendidikan, UMK meningkatkan kolaborasi dengan beberapa mitra untuk beberapa program, seperti program pertukaran pelajar. Salahs atunya yakni credit transfer program.
kegiatan semacam itu sesuai dengan kurikulum yang dipakai di Indonesia yakni Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dengan program ini, siswa memiliki kesempatan untuk belajar dan mendapatkan pengalaman akademik di perguruan tinggi luar negeri yang bermitra dengan UMK. Sehingga bisa berkolaborasi dalam dunia akademik dengan skala internasional.
Tentu banyak program yang diharapkan bisa berjalan, apalagi sudah ada tindaklanjut kerjasama awal dengan fakultas masing-masing perguruan tinggi. Tak hanya kerjasama pertukaran pelajar saja, melainkan juga penelitian dan program lain yang diharapkan bisa berjalan kedepannya.
Sementara itu, President NEUST Filipina Dr. Feliciana P. Jacoba mengatakan, saya sangat bangga bisa menjalin kerjasama dengan UMK. Kerjasama ini bagian dari pengembangan pendidikan dimana pandemi merubah banyak hal, teramsuk pendidikan. "Kita harus bertahan dan berkembang, karena generasi kita ingin masa depan yang baik," terangnya.
Untuk tetap berkembang, tentu membutuhkan partnet, sehingga memunculkan kerjasama, kesamaan pemahaman untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Sehingga butuh belajar satu sama lain, sehingga dirinya berharap tujuan kerjasama ini bisa tercapai, yakni kesuksesan pendidikan.
 Wakil Rektor IV UMK Dr. Drs. Achmad Hilal Madjdi, M.Pd menambahkan, kerjasama yang sudah ditandatangani ini diharapkan bisa langsung dilakukan tindaklanjut oleh masing-masing dekan. Karena program ini bisa untuk meningkatkan kualiats pendidikan, baik dalam pembelajaran maupun penelitian. "Harapannya tentu UMK dan NEUST bisa mendapatkan manfaat dan membuat dunia lebih baik lagi," jelasnya.(Humas-Linfokom).