UMK Lakukan Pembangunan Infrastruktur Secara Masif

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK - Universitas Muria Kudus (UMK) terus melakukan pembangunan infrastruktur kampus secara terstruktur , sistematis dan masif. Tujuannya untuk menyediakan fasilitas pendidikan dengan standar sangat baik guna merespon jumlah mahasiswa yang terus meningkat setiap tahunnya.
Wakil Rektor I UMK Dr. Dra. Sulistyowati, S.H.,C.N mengatakan, Yayasan Pembina UMK bersama Pimpinan UMK membuat master plan pembangunan kampus secara terpadu dan berkelanjutan. "Tujuan kami tentu untuk memberikan pelayanan kepada mahasiswa secara prima," katanya kemarin.
Rencana induk pembangunan kawasan kampus yang dibuat sebagai upaya penataan guna memberian fasilitas infrastruktur yang sangat baik dan mewah untuk mahasiswa dan seluruh civitas UMK. Saat ini fasilitas semua ruangan kuliah sudah terpassang AC , sehingga Mahasiswa nyaman dan sejuk untuk melakukan proses kegiatan pembelajaran bersama Dosen .
Selain itu, di setiap gedung tersedia wifi dengan jaringan internet yang kuat guna memberikan fasilitas pembelajaran secara digital kepada semua Mahasiswa . Kedepan akan dibangun corner – corner yang nyaman di setiap sudut kawasan kampus sebagai sarana mahasiswa untuk berdiskusi dan belajar kelompok, apalagi didukung wifi yang kuat.
Pengembangan fasilitas sumber pembelajaran atau referensi keilmuan juga sudah tersedia baik secara fisik maupun digital . Hampir semua Prodi dan atau fakultas memiliki perpustakaan dan bahkan Perpustakaan UMK telah memiliki akreditasi A secara nasional . Jadi Para Mahasiswa tidak perlu lagi harus membeli buku – buku dan bahan pembelajaran, semua tersedia gratis di Perpustakaan UMK.
Untuk gedung, saat ini sedang berlangsung penambahan pembangunan gedung kuliah lima lantai dan penataan lahan lingkungan kampus UMK. Untuk tetap menjaga ketersinambungan bahwa UMK terus berkomitmen menjaga kawasan kampus sebagai kampus hijau yang berkelanjutan.
Kebijakan pembanguan infrastruktur kampus UMK selalu mempertimbangkan kelestarian lingkungan hijau, agar mahasiswa dan seluruh civitas kampus nyaman dan dapat menghirup udara segar dan sehat .
Rencana strategis (Renstra) UMK tahun 2021 – 2025 dan long time planning 2021 – 2046 , UMK akan terus membangun sarana fisik pembelajaran untuk mahasiswa dengan akselerasi yang berimbang antara pembangunan infrastruktur dan suprastruktur kampus .
Pembanguan fisik yang terintegrasi dan terencana ini , bertujuan agar mahasiswa UMK semakin dapat menikmati kemewahan fasilitas kampus . Kedepan juga akan dilakukan pembangunan joglo berlantai dua untuk memberikan fasilitas kepada mahasiswa untuk bersantai sambil belajar dan menikmati kulineran khas Kudus .
Di lantai dua nanti sebagai arena terbuka untuk mahasiswa bersantai sambil belajar, berinteraksi sosial dan berdiskusi keilmuan. Joglo di lantai satu direncanakan untuk memberikan kesempatan kepada UMKM menggelar dagangannya guna melayani mahasiswa dan civitas Kampus . "Jadi UMK juga berkomitmen ikut memberdayaan para UMKM agar mendapatkan rejeki dari fasilitas yang dimiliki oleh UMK," terangnya.
UMK juga memiliki konsep pembangunan infrastruktur yang ramah penyandang disabilitas . Jadi Yayasan Pembina UMK bersama dengan Pimpinan UMK, berkomitmen untuk memberian hak kepada penyandang disabilitas apabila berkuliah di UMK.
Sedangkan untuk arena parkir nantinya akan dibangun secara modern di gedung khusus arena parkir bertingkat , sehingga mahasiswa tidak perlu lagi khawatir kesulitan parkir kendaraan. Fasilitas gelanggang mahasiswa dan gedung untuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) juga akan dibuatkan baru yang lebih representatif . Ruang – ruang seminar akan ditambah jumlahnya dan auditorium akan dilakukan renovasi yang lebih representatif dengan fasilitas yang mewah dan komprehensif . Gedung auditorium ini nantinya bisa menjadi gedung serba guna untuk mendukung semua kegiatan yang berkaitan dengan mobilitas kampus .(Linfokom-Humas)