iden

Sembilan Proposal Penelitian Lolos Pendanaan Kemenristekbrin

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK – Sembilan proposal penelitian oleh dosen Universitas Muria Kudus (UMK) berhasil lolos dan mendapatkan pendanaan penelitian pada 2021. Durasi penelitiannya pun cukup Panjang, antara dua dan tiga tahun.

Sembilan proposal yang mendapatkan pendanaan karena sudah dinyatakan lolos seleksi. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, sehingga bisa mendapatkan pendanaan penelitian tersebut.

Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat, Heri Hermansyah mengucapkan selamat kepada penerima pendanaan penelitian tahun anggaran 2021. ”Kami ucapkan terimakasih kepada pengusul atas partisipasinya,” katanya dalam surat yang dikirim.

Bagi pengusul yang proposalnya belum mendapatkan pendanaan tahun ini, pihaknya berharap agar bisa berpartisipasi atau mengusulkan proposal penelitian untuk pendanaan tahun 2022.

Penelitian pertama yang didanai yakni penelitian yang diketuai Fina Fakhriyah yang mengambil judul ‘Pengembangan subject specific pedagogy (SSP) Konsep Sains Berbasis Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK) untuk menguatkan literasi Sains mahasiswa PGSD. Penelitian tersebut memiliki durasi tiga tahun.

Lalu penelitian yang diketuai Himmatul Ulya dengan judul ‘Model asesmen kinerja pada pembejalajan PjBL berbasis etnomatematika untuk mengukur keterampilan proses berpikir mateatis’

Ada lagi penelitian yang diketuai Imaniar Purbasari dengan judul ‘Partisipasi masyarakat pengrajin anyaman bamboo dalam penerapan social based collaborative e-learning untuk Pendidikan anak di Desa Jepang Pakis, Kudus’.

Selanjutnya ada penelitian yang diketuai Jayanti Putri Purwaningrum dengan judul ‘Pengembangan modul digital interaktif berbasis Pendidikan karakter bermuatan budaya lokal Kudus “Gus Jigang” untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa diskalkulia’.

Lalu ada penelitian yang diketuai Mukhamad Nurkamid yang berjudul ‘Aplikasi wireless sensor network untuk monitoring kualitas udara secara online/realtime menggunakan internet’.

Untuk penelitian yang diketuai Nita Andriyani Budiman yang lolos mengambil judul ‘Filosofi kearifian lokal ‘Gus Jigang” untuk meningkatkan kepatuhan pajak bagi UMKM di Kabupaten Kudus’.

Selanjutnya penelitian yang diketuai Ratri Rahayu dengan judul ‘Etnomathematics mobile modul untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis siswa SMP di Kabupaten Kudus’.

Sedangkan penelitian yang diketuai Savitri Wanabuliandari berjudul ‘E-confidence module berbasis ethnoedutainment untuk mengurangi krisis kepercayaan diri siswa slow learner’.

Terkahir, penelitian yang didanai diketuai Sekar Dwi Ardianti mengambil judul ‘Pengembangan game ethno-confidence ‘SI ECO’ untuk mengatasi krisis kepercayaan diri siswa slow learner’.

Keputusan pendanaan penelitian tersebut berdasarkan Keputusan Kuasa Pengguna Anggaran Deputi Bidang Penguatan Riset dan Teknologi dan Pengembangan Kementetian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional Nomor 8/E1/KPT/2021 tanggal 1 Februari 2021 tentang Penetapan Pendanaan Penelitian di Perguruan Tinggi Badan Hukum Tahun Anggaran 2021, Keputusan Kuasa Penggunaan Anggaran Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan Kementrian dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional Nomor 9/ E1/KPT/2021 tanggal 1 Februari 2021 tentang Penerima Pendanaan Penelitian di Perguruan Tinggi Tahun 2021 untuk Penelitian Tahun Jamak Lanjutan tahun 2019, Keputusan Kuasa Pengguna Anggaran  Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan Kementetian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional Nomor 10/E1/KPT/2021 tanggal 1 Februari 2021 untuk Penelitian Tahun Jamak Lanjutan Tahun 2020, dan Keputusan Kuasa Pengguna Anggaran Deputi Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional Nomor 11/ E1/KPT/2021 tanggal 1 Februari 2021 tentang Penetapan Pendataan Penelitian di Perguruan Tinggi tahun 2021.(humas)