iden

UMK Akan Gaet Sekolah dan Industri untuk Merdeka Belajar

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK, Kudus – Universtias Muria Kudus (UMK) mulai mempersiapkan kurikulum belajar kampus merdeka. Nantinya, kurikulum tersebut akan menginisiasi sebuah penggalian lokal indigenous. Dengan menginisiasi dua hal utama, yakni mengembangkan guru unggul dan kuliah industri.

Diungkapkan Rektor UMK Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si., pihaknya akan berkolaborasi dengan sekolah dasar dan menengah untuk mewujudkan guru unggulan. Kurikulum kampus merdeka akan memberikan keleluasaan bagi mahasiswa dalam memperoleh bahan ajar.

“Untuk kekayaan soft skill untuk calon guru yang kuliah di sini. Berbasis digital dan multitalenta. Jadi harus dipersiapkan perkuliahan dan praktiknya,” terang Warga Jaten, Karanganyar itu.

Kemudian, untuk kuliah industri dalam konteks kampus merdeka, UMK tidak hanya mengambil sumber ajar di kampus, tetapi juga di luar kampus. Menurutnya, mahasiswa perlu berkecimpung langsung dengan situasi nyata di sektor industri saat ini.

Baca juga: Kudus Rawan Bencana, UMK Bikin Crisis Center Kebencanaan

“Nantinya akan mengambil sumber belajar di sektor nyata luar kampus. Agar mengetahui situasi nyata di sektor industri. Juga diajar mentor profesional di sektor industri,” kata Guru Besar Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta itu, Rabu (17/2/2021).

Ia juga menambahkan, bahwa kurikulum tersebut mengenal instrumen baru yang akan meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa. Karena pernah terjun langsung dan memiliki pengalaman dalam dunia industri.

“Kami juga merasa diuntungkan karena secara tidak langsung memiliki laboratorium yang komprehensif. Dari sisi industri juga diuntungkan dengan adanya keringanan pajak,” bebernya.

Pria yang sekarang tinggal di Perumahan Muria Indah itu menilai, jika pemagangan sebelumnya dianggap kurang efektif dan harus diperbaiki. Dia ingin mencontoh pemagangan di Jepang. Meski magang, akan tetap mendapat gaji seperti pekerja pada umumnya.

“Rencana ingin dibuat seperti itu. Tapi kami coba komunikasikan dan menyesuaikan dengan kondisi industri di sini,” tutupnya. (Reposted: Linfokom)

 

Sumber: BETANEWS.ID - UMK akan Gaet Sekolah dan Industri untuk Merdeka Belajar