iden

Berbagai Cara Agar Kuliah Online Tetap Nyaman

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK – Kuliah online masih dilakukan selama pandemi virus corona belum berakhir, beberapa cara dilakukan. Mulai dari membuat power point yang menarik hingga pembuatan video yang diunggah dii youtube agar memudahkan mahasiswa.

Salah satu dosen, Muhammad Arifin mengatakan, untuk pembelajaran online dirinya memilih cara agar efektif. Selain itu diharapkan tidak terlalu memakan kuota internet, sehingga bisa lebih berhemat dari sisi mahasiswa. ”Pembelajaran online yang saya lakukan tidak hanya lewat aplikasi zoom atau sejenisnya, ada cara lain,” katanya kemarin.

Dirinya biasanya akan membuat power point, lalu di upload di grup mahasiswa, dirinya meminta mahasiswa mempelajarinya sebaik mungkin. Ketika masih belum paham akan didiskusikan di dalam grup.

Ketika memang penjelasan tidak memungkinkan melalui cara mengetik di grup, maka dirinya akan membuat  video yang diuplaod di youtube. Lalu mahasiswa bisa membukanya, tentu diharapkan mahasiswa memiliki kuota internet youtube unlimited.

Karena banyak juga mahasiswa yang memiliki paket tersebut, sehingga akan lebih memudahkan dan lebih hemat bagi mahasiswa. ”Pada dasarnya, untuk pembelajaran online, saya mencari cara agar tidak memberatkan mahasiswa, namun tetap efektif,” terangnya.

Selain itu, untuk pembelajaran online lewat aplikasi zoom maupun google meet juga dilakukan, namun tidak terlalu sering. Karena dirinya memahami jika dua aplikasi tersebut memakan kuota internet cukup lumayan.

Namun pertemuan virtual melalui dua aplikasi tersebut perlu dilakukan, sehingga bisa bertatap muka langsung dengan mahasiswa. Sehingga ada komunikasi dua arah, walaupun tidak harus setiap proses pembelajaran online. ”Intinya saya cari cara agar mahasiswa juga nyaman,” ujarnya.

Dirinya tentu berharap kondisi seperti ini bisa segera berakhir, sehingga proses pembelajaran bisa kembali normal. Karena pembelajaran tentu akan lebih efektif ketika ada proses tatap mukanya, tidak hanya online saja. ”Namun dalam belajar, mahasiswa dituntut belajar mandiri, tidak hanya saat didalam kelas, baik belajar melalui internet, buku atau lainnya,” imbuhnya.(Linfokom-Humas)