iden

Tak Ribet, Seminar Proposal Online Pakai Video Call Whatsapp

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK – Ujian proposal untuk skripsi tetap bisa dilakukan, kali ini dengan online mengingat kondisi pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Untuk teknisnya sama persis dengan ujian offline, hanya media saja yang berbeda, yakni menggunakan video call melalui aplikasi whatsapp.

Kepala Program Studi (Kaprogdi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK) Nurainingsih, M.Pd mengatakan, untuk seminar proposal tetap dilakukan. ”Karena memang banyak mahasiswa yang sudah mengambil skripsi, sehingga langkah awal harus ada seminar proposal,” katanya kemarin.

Dalam prakteknya, setelah proposal disetujui oleh dosen, mahasiswa mendaftar seminar proposal di sec.online. selanjutnya dirinya yang akan melakukan penjadwalan untuk dua pembimbing dan satu dosen penguji.

Praktik tersebut selama ini sudah berjalan dan dirasa cukup baik, sehingga proses seminar proposal masih tetap bisa berlanjut dengan kondisi seperti saat ini. ”Kami memang harus cari cara agar tetap berjalan dan efisien,” terangnya.

Untuk proses seminar proposal online, pihaknya tidak memakai aplikasi yang rumit. Cukup pakai video call whatsapp, karena video call via whatsapp sudah mampu untuk berbicara dengan empat orang secara langsung.

Pemilihan aplikasi tersebut karena lebih simpel dan semua mahasiswa dipastikan memiliki dan familiar dengan aplikasi tersebut. Sehingga seminar proposal tidak banyak kendala teknis, karena mudah dalam pemakaiannya.

Dia menambahkan, kendalanya hanya satu Ketika melakukan seminar proposal online tersebut, yakni masalah jaringan internet. Ketika akses internet turun atau lemah, suara agak kurang jelas, sehingga komunikasi agak sedikit terganggu. ”Namun jarang kendala itu ada, karena rata-rata jangkauan jaringan internet sudah cukup luas,” ujarnya.

Dia berharap, mahasiswa bisa memanfaatkan cara tersebut, sehingga pengajuan seminar proposal  bisa tetap dilanjutkan. ”Kondisi seperti saat ini tentu ad acara yang ditempuh agar berjalan baik, namun diharapkan pandemic ini bisa seger selesai dan aktivitas belajar mengajar bisa normal kembali,” imbuhnya.(Linfokom-Humas)