iden

Tarik Minat Siswa, Mahasiswa Dilatih Buat Aplikasi Pembelajaran Matematika

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK – Matematika menjadi pelajaran yang dikenal sebagai pelajaran cukup sulit bagi kebanyakan pelajar. Guru membutuhkan inovasi untuk memudahkan siswa memahami matematikan, salah satunya aplikasi yang menyenangkan.
Untuk membuat aplikasi tersebut juga tidaklah sulit, salah satunya memanfaatkan power point dijadikan game sederhana berbasis android. Selain itu juga bisa memanfaatkan aplikasi Plicker. ”Inovasi Pendidikan perlu dilakukan agar siswa lebih mudah memahami,” kata salah satu narasumber kuliah tamu, Rizky Oktavian Saputra beberapa waktu lalu.
Inovasi sangat dibutuhkan, apalagi terus berkembangnya kemajuan teknologi, siswapun sudah akrab dengan teknologi yang ada. Sehingga ketika pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi, tentu siswa akan lebih tertarik.
Sehingga bisa untuk mencapai tujuan pendidikan atau untuk memecahkan masalah pendidikan sehingga efisiensi, relevansi, berkualitas dan efektif. ”Teknologi informasi dan komunikasi merubah gaya hidup manusia, termasuk dalam hal belajar,” terangnya.
Pendidikan pada Abad 21 merupakan pendidikan yang mengintegrasikan antara kecakapan pengetahuan, keterampilan, dan sikap, serta penguasaan terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kecakapan tersebut dapat dikembangkan melalui berbagai model kegiatan pembelajaran berbasis pada aktivitas yang sesuai dengan karakteristik kompetensi dan materi pembelajaran.
Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 memiliki tujuan untuk mengembangkan bakat, minat, dan potensi peserta didik agar berkarakter, kompeten dan literat. Untuk mencapai hasil tersebut diperlukan pengalaman belajar yang bervariasi mulai dari yang sederhana sampai pengalaman belajar yang bersifat kompleks.
Sehingga guru dituntut melaksanakan pembelajaran dan penilaian yang relevan dengan karakteristik pembelajaran abad 21. Salah satunya melaksanakan berbagai inovasi dalam menciptakan sebuah pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan dengan mengembangkan berbagai metode,
Untuk itu, guru jangan sampai melkukan kegiatan yang monoton menggunakan cara konvensional. Guru wajib memanfaatkan dengan baik kemajuan teknologi yang ada, baik sebagai sarana pembelajaran maupun sumber belajar mandiri bagi siswa.
Dosen Prodi Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK) Jayanti Putri Purwaningrum, M.Pd mengatakan, pihaknya memang ingin memberikan wawasan pentingnya teknologi sebagai salah satu inovasi yang bisa digunakan untuk memduahkan pembelajaran. ”Ada aplikasi simple yang bisa digunakan,” jelasnya.
Harapannya, mahasiswa bisa mengembangkan metode pembelajaran yang baik, salah satunya memanfaatkan teknologi informasi yang ada. Sehingga ketika lulus nanti bisa langsung dipraktikkan dengan baik, tidak lagi hanya mengajar dengan cara konvensional.(Linfokom-Humas)