iden

Butuh Masukan Alumni untuk Pengembangan Kurikulum

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK – Masukan dari alumni Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK) menjadi bahan untuk pengembangan kurikulum. Banyak masukan yang didapat saat dilakukan kegiatan Alumni Gathering.

Kegiatan dilakukan karena ingin mengetahui perkembangan yang ada, termasuk yang dirasakan alumni. Sehingga kurikulum yang ada tentunya akan disesuaikan sehingga lulusan akan lebih baik.

Selain alumni, juga mengundang pengguna alumni atau perusahan dan lembaga pendidikan yang menggunakan jasa alumni. Sehingga masukan bisa makin beragam untuk pengembangan jurusan PBI agar kedepan lebih baik.

Beberapa usulan yang muncul antara lain terkait pendampingan mahasiswa oleh dosen dalam berbagai kegiatan, perlu adanya peningkatan. Sehingga mahasiswa bisa mendapatkan masukan, terutama dalam praktik lapangan di sekolah-sekolah.

Selain itu, ada juga yang menguculkan perlunya mahasiswa didorong untuk meningkatkan soft skillnya. Karena di sekolah kebutuhannya tidak hanya hard skill, tapi juga soft skill. Ada yang menjadi guru dan diminta untuk membaca puisi dalam Bahasa Inggris, karena saat kuliah tidak belajar tentang seni, akhirnya agak kesulitan.

Salah satu masukan juga dating dari dari alumni 2010 Suatman, salah satu yang disoroti yakni mata kuliah English for Spesific Purpose (ESP). Saat dirinya kuliah justru lebih kepada bisnis, padahal kebutuhan saat ini tidak hanya untuk bisnis, tapi juga banyak, karena sekolah menengah kejuruan (SMK) juga banyak.

”Saya tidak paham juga kenapa mata kuliahnya ESP, tapi yang diajarkan cuma bisnis, sehingga menurut saya perlu diperluas cakupannya untuk mata kuliah ESP,” katanya.

Sementara itu, Kaprogdi PBI FKIP UMK, Nuraeningsih mengaku bertertimakasih atas masukan yang diberikan. Sehingga pihaknya bisa mendapatkan masukan untuk pengembangan kurikulum kedepannya agar lebih baik.

Masukan tersebut sangat penting, teramsuk dari pengguna alumni, baik perusahaan maupun sekolah. Untuk itu, pihaknya akan menindaklanjuti semua masukan yang ada untuk perbaikan kedepannya.(Linfokom-Humas)