iden

Komitmen Bumikan Sholawat di UMK

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK – Rektor Universitas Muria Kudus (UMK) Dr. Suparnyo menegaskan ingin terus membumikan sholawat di UMK. Kegiatan UMK Bersholawatpun sudah digelar setiap tahun, seperti yang dilaksanakan dengan mengundang kemarin (3/01/2020).

UMK Bersholawat yang dilaksanakan kemarin diguyur hujan cukup lebat, namun jamaah yang terdiri dari mayoritas kaum millenial tak beranjak walaupun di guyur hujan. Mereka terlihat khusyuk melantunkan sholawat yang dipimpin Habib Ali Zainal Abidin Assegaf bersama grup rebana Az-Zahir.

Tampak jamaah yang hadir idak hanya berasal dari Kudus saja, terlihat dari spanduk yang merekabawa, ada yang dari Grobogan, Pat, Jepara, Demak bahkan Semarang. Merekapun hanyut dalam lantunan sholawat.

Rektor UMK Dr. Suparnyo mengaku sangat bersyukur dengan adanya kegiatanUMK bersholawat, kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara Festival Maulid yang sebelumnya diselenggarakan. ”UMK Bersholawat merupakan puncak kegiatan tersebut” katanya kemrin.

Dia menambahkan, UMK berkomitmen untuk membumikan sholawat di UMK, karena memang harus meneladani Nabi Muhammad SAW. ”Semoga juga menjadi berkah bagi kita semua,” terangnya.

Sementara itu, KH. Nadhif Abdul Mujib dalam mauidohnya mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan UMK sangat bagus, bisa dikatakan merayakan tahun baru dengan bersholawat. Sehingga tahun baru diisi dengan hal-hal positif. Dengan bersholawat diharapkan Indonesia menjadi negara unggul.

Dirinya mengingatkan, bersholawat merupakan ‘kulit luar’, esensinya adalah rasa cinta kita kepada NabiMuhammad SAW. Sehingga dalamhidup kita harus meniru akhlak rasulullah.

Namun dirinya menegaskan, untuk meniru apa yang dilakukan rasulullah, harus tahu caranya. Jangan sampai hanya membaca terjemahan hadis lalu berfatwa, karena untuk mengetahui detail hadis banyak perangkat ilmu yang harus dikuasai. ”

Sementara itu, sambutan Plt. Bupati Kudus HM Hartopo MM MH yang disampaikan Kabag Kesra, Mundir mengatakan, kecintaan kepada Rasulullah harus berada di atas segalanya. Bahkan juga di atas cinta kepada diri sendiri. UMK Bersholawat ini sebagai penguat iman mahasiswa khususnya dan masyarakat Kudus pada umumnya.

“Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits, barangsiapa yang bersholawat akan diberi sepuluh kebaikan oleh Allah,” paparnya.(Linfokom-Humas)