iden

Temu Mahasiswa Teknik, Inovasi Energi Terbarukan Bermunculan

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

UMK – Himpunan program studi mahasiswa teknik dari perguruan tinggi di Jawa Tengah bagian utara berkumpul di Universitas Muria Kudus (UMK), banyak penemuan yang muncul. Temuan yang muncul tersebut dilombakan dalam kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI).

Ketua Himapro Teknik UMK M. Najib Zaenal Afthoni mengatakan, pertemuan mahasiswa jurusan teknik ini memang sudah dilakukan rutin. Salah satu agendanya antara lain LKTI. Tujuannya tak lain agar bisa menemukan inovasi yang bermanfaat bagi manusia yang terkait dengan teknik. ”Banyak ide muncul dalam LKTI,” katanya kemarin.

Untuk LKTI, ada 12 peserta yang berasal dari beberapa perguruan tinggi. Ide yang muncul sangat variatif, yang jelas sangat beragam dan fokus dalam mencari solusi persoalan di masyarakat. Untuk LKTI mengambil tema Inovasi Teknologi Keteknikan dalam Menyongsong Visi Indonesia Maju Tahun 2016 dengan sub tema energi terbarukan dan lingkungan.

Misalnya ada dari Universitas Pancasakti, Tegal yang membuat alat penyulingan limbah plastik menajdi bahan bakar minyak dengan metode penyulingan sederhana. Sehingga masyarakatpun bisa membuat alat tersebut.

Selain itu ada dari UMK yang mebuat inovasi pemanfaatan energy harvesting berbasis piezoelectric pada lahan parker. Inivasi ini memanfaatkan getaran kendaraan yang melewati alat yang ditanam di lahan parkir untuk diubah menjadi tenaga listrik. ”Temuan-temuan itu bisa dimanfaatkan untuk kepentingan yang lebih luas,” terangnya.

Selain itu ada jugapermainan edukatif otomotif magnetic untuk pendidikan usia dini. Pendidikan juga membutuhkan dukungan dari bidang teknik agar metode pembelajaran bisa lebih menarik. Karena ide dari mahasiswa Universitas PGRI Semarang itu muncul dari keinginan mahasiswa keguruan yang ingin membuat wahana belajar yang menarik.

Selain itu banyak inovasi yang muncul, mulai dari pemanfaatan teknologi untuk energy ramah bagi rumah, ketahanan energy dengan memanfaatkan energy solar apung, pemanfaatan teknologi matahari di atas danau. ”Banyak ide muncul, ini sebagai langkah kami untuk merangsang temuan-temuan yang bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

Selain LKTI, kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari mulai 18 sampai 20 November tersebut ada juga kunjungan industry ke PT Djarum. Lalu ada juga kuliah tamu yang mengambil narasumber dari PT Pura. (Linfokom-Humas)