iden

UMK Teken Kerjasama dengan Universitas CBSUA Philipina

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK – Universitas Muria Kudus (UMK) menjalin kerjasama dengan Central Bicol State University of Agriculture (CBSUA), Philipina. Kerjasama yng dijalin menyangkut banyak bidang, seperti pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Rektor UMK dr. Suparnyo mengatakan, kerjasama yang dilakukan merupakan salah satu upaya inetrnasionalisasi UMK. ”Ini untuk mencapai visi kita menajdi universitas unggul, berbasis kearifan lokal, dan berdaya saing global,” katanya kemarin.

Dengan kerjasama yangs udah disepakati, beberapa kegiatan yang dilaksanakan antara lain pertukaran dosen (lecturer exchange), pertukaran mahasiswa (student exchange), dan penelitian bersama (joint research). Selain itu ada juga seminar bersama (joint seminar), membuat jurnal bersama (joint publication), dan lain sebagainya.

Pihak CBSUA juga sangat mendukung kerjasama tersebut, karena bisa bermanfaat untuk peningkatan universitas masing-masing. Karena banyak kegiatan yang akan dilaksanakan untuk  menindaklanjuti kerjasama yang sudah disepakati.

Sementara itu, Ketua LPPM Dr Mamik Indaryani menjelaskan, usai penandatanganan langsung diadakan seminar degan presenter dari UMK dan CBSUA. Program yang dikerjasamakan tak hanya penelitian dan publikasi bersama. Ada juga program bahasa (cultural). ”Budaya dan Bahasa Indonesia dengan Philipina memiliki banyak kesamaan, karena masih satu rumpun,” ungkapnya.

Banyak aktivitas bersama yang nantinya dilaksanakan. Misalnya, hasil penelitian yang di seminarkan, launching buku yang ditulis bersama, dan support pada pogram yang diselenggarakan oleh LPPM.

Dalam kegiatan tersebut juga diikuti Rektor UMK Dr H. Suparnyo S.H.,M.S., Wakil Rektor (WR) 4 Dr Subarkah, SH., M, Hum.,  Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Dr Mamik Indaryani,  Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Mutohhar, S.Pd. M.Pd, dan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Dr. Slamet Utomo, M. Pd, serta Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Etni Marliana, S.E., MGES.(Linfokom-Humas)