iden

Satu Dosen dan Dua Mahasiswa UMK Mengajar Bahasa Indonesia di Vietnam

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK – Universitas Muria Kudus (UMK) mengirim satu dosen dan dua mahasiswa ke dua universitas di Vietnam. Satu dosen mengikuti program visiting lecturer dan  dua mahasiswa mengikuti program magang di KBRI Hanoi.

Mereka yang pergi ke Vietnam yakni Dosen PBSI UMK, Ristiyani, M.Pd dan dua mahasiswa PBSI, Rika Ayu Wulandari dan Zaen Lailatul Ramadhani.

Ketua Kantor Urusan Internasional (KUI) UMK Mutohhar, M.Pd mengatakan, untuk visiting lecture nantinya akan dilakukan di Hanoi University dan Vietnam National University. Nantinya akan mengajar Bahasa Indonesia di dua universitas tersebut. ”Untuk visitng lecturer hanya dua hari saja,” katanya kemarin.

Dua universitas tersebut merupakan universitas yang memang sudah menjalin kerjasama dengan UMK selama ini. Sehingga banyak program yang bisa dilakukan karena kerjasama yang sudah dimiliki, termasuk program visiting lecturer.

Sedangkan untuk dua mahasiswa akan magang di KBRI Hanoi, mereka juga akan mengajar Bahasa Indonesia. Karena selama ini ada orang Vietnam yang belajar Bahasa Indonesia di KBRI Hanoi, Vietnam. ”Mereka akan mendapatkan pengalaman pembelajaran bahasa Indonesia kepada orang asing,” terangnya.

Karena pembelajaran tersebut memang dibutuhkan Negara-negara lain, terutama yang memiliki kepentingan dengan Indonesia, terutama dalam hal bekerja atau bisnis. Untuk dua mahasiswa nantinya magang selama satu bulan.

Sementara itu, Rektor UMK Dr. Suparnyo mengatakan, pihaknya meminta kesempatan tersebut bisa dimanfaatkan sbeiak mungkin, baik dosen maupun mahasiswa. Karena pengalaman tersebut tidak semua bisa didapatkan, terutama mahasiswa.

Setelah sampai ke Indonesia, pihaknya juga meminta agar bisa ditularkan kepada mahasiswa lain di UMK, tujuannya agar mereka juga tertarik untuk mengikuti program tersebut. ”Jalinan dengan universitas luar negeri dan KBRI juga harus dijaga,” imbuhnya.(Linfokom-Humas)