iden

Guru BK Harus Update Hadapi Generasi Milenial

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK – Universitas Muria Kudus bekerjasama dengan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Provinsi Jawa Tengah mengadakan seminar nasional. Dalam seminar tersebut, gurus BK harus melakukan update sesuai dengan kebutuhan yang terus berubah. Apalagi mereka menghadapi generasi milenial.

Professor Dwi Yuwono Puji Sugiharto mengatakan, menghadapi generasi milenial tentu harus dilakukan dengan pendekatan baru, bukan dengan cara lama. Karena karakter mereka inginnya efektif dan efisien. ”Inginnya cepat, kalau lambat mereka akan kurang respon,” katanya saat seminar nasional yang dilaksanakan di ruang rapat lantai IV UMK Selasa (22/10/2019).

Mereka ketika konsultasi terkadang hanya ingin memantapkan sebuah pilihan yang akan dillakukan. Selain itu, ketika bertele-tele dalam memberikan nasehat, generasi milenial tidak tertarik. Sehingga guru harus melakukan update disesuaikan dengan kebutuhan.

Sehingga untuk update tersebut, tidak akan berhenti karena situasi juga terus berubah. Artinya, harus terus meningkatkan eksperimen agar mendapatkan pembaharuan dalam banyak hal, sesuai dengan yang diinginkan. ”Harus update dengan kondisi kekinian,” terangnya.

Dia menambahkan guru BK harus mampu memahami karakter generasi milenial. Seperti no gadget no life, suka yang serba cepat dan instan, memilih pengalaman daripada asset, multitasking, hingga kritis terhadap fenomena sosial. ”Sehingga jangan heran ketika ada SMK kemarin ikut demo,” imbuhnya.

Sementara itu, Rektor UMK Dr. Suparnyo mengatakan, update ilmu memang harus terus dilakukan, disesuikan dengan kondisi yang ada. Saat ini memangs edang menghadapi generasi milenial, sehingga   harus disesuaikan juga. Terus menambah ilmu harus dilakukan, tidak boleh berhenti.

Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh undangan dan pemateri bisa hadir di UMK. Sehingga bisa mengetahui UMK lebih dekat, apalagi peserta seminar berasal dari kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah.(linfokom-Humas)