iden

UMK Teken Kerjasama dengan Tokopedia

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK – Universitas Muria Kudus (UMK) melakukan kerjasama dengan PT Tokopedia, banyak hal yang akan dilaksanakan. Salah satunya pembuatan Tokopedia Corner yang nantinya bisa mendukung untuk meningkatkan jiwa wirausaha mahasiswa.
City Partner Performance PT Tokopedia Dewi Cahyaningrum mengatakan, UMK merupakan salah satu perguruan tinggi di Jawa Tengah yang dipilih untuk kerjasasama. Banyak kegiatan yang nantinya akan dijalankan ketika kerjasama sudah berjalan. ”Langkah pertama memang fokus dalam pembuatan Tokopedia Corner,” katanya kemarin.
Paling penting adanya Tokopedia Corner adalah untuk menemukan seller dan buyer, sehingga bisa dimanfaatkan mahasiswa UMK yang ingin berwirausaha. Untuk menemukan seller dan buyer dilakukan sampai tingkat daerah memang merupakan kebijakan perusahaan.
Untuk pembuatan Tokopedia Corner dibiayai langsung oleh PT Tokopedia. Namun pihaknya berharap sudah ada ruangan dan pihaknya akan menata interiornya. Tujuannya agar Tokopedia Corner tersebut bisa secepatnya berjalan. ”Tokopedia Corner ada, kerjasama yang lain akan bisa dimaksimalkan,” jelasnya.
Hal itu dilakukan mengingat banyaknya potensi yang ada di daerah, sementara selama ini ketika berbelanja di Tokopedia banyak yang diarahkan ke toko-toko yang ada di Jakarta. Sehingga kedepan diharapkan toko-toko di daerah juga bisa lebih hidup dengan kebijakan tersebut.
Saat ini sebenarnya sudah ada produk daerah yang berkembang, seperti saat temu keluarga tokopedia, ada penjual celana kolor dari Kudus yang untungnya bisa mencapai Rp 2 miliar. ”Dengan ekspansi ke daerah ini, produk daerah bisa terjual maksimal dan kami berharap mampu menyumbang pertumbuhan ekonomi lebih besar lagi,” terangnya.
Selain pelatihan, ketika kerjasama sudah berjalan, juga ada kerjasama pemberian beasiswa kepada mahasiswa. Selanjutnya bisa juga untuk yang ingin berkarir di PT Tokopedia.
Sementara itu, Rektor UMK Dr. Suparnyo mengatakan, untuk ruangan Tokopedia Corner, pihaknya akan menyiapkannya. Karena kerjasama ini sangat bagus, apalagi sesuai dengan visi misi UMK, Santun, Cerdas dan Berjiwa Wirausaha.
Pihaknya juga sudah mengumumkan kepada lulusan UMK saat wisuda tentang kerjasama tersebut. Karena sosialisasi perlu dilakukan agar mahasiswa yang memiliki keinginan kuat untuk menjadi wirausaha bisa belajar lewat tokopedia Corner tersebut. ”Kami berharap, kerjasama ini bisa berjalan maksimal,” imbuhnya.(Linfokom-Humas)