iden

FKIP Luluskan 347 Mahasiswa

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

UMK – Sebanyak 347 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK) mengikuti sidang terbuka senat pelepasan wisudawan – wisudawati FKIP Kamis (10/10/2019). Mahasiswa yang mengikuti acara tersebut datang bersama kedua orang tuanya membuat suasana acara makin sakral.

Bahkan beberapa mahasiswa sempat menangis saat sesi renungan, dimana panitia mengingatkan perjuangan orang tua mendukung penuh dalam proses kuliah selama ini. ”Terimakasih kepada orang tua dan dosen yangs udah mendukung selama ini,” kata salah satu wisudawan terbaik Siti Solehah dari PBI UMK saat sambutan Kamis (10/10/2019).

Dirinya berharaps emua lulusan FKIP mendapatkan kesuksesan usai lulus dari UMK. Tentunya definisi kesuksesan masing-masing orang berbeda-beda, namun yang penting bisa bermanfaat bagi masyarakat dan membahagiakan orang tua.

Baginya, untuk meraih gelar sarjana bukanlah hal yang mudah, perlu perjuangan. Mulai dari proses kuliah hingga tahap akhir berupa skripsi. ”Kami harus ngejar dosen, perbaikan dari hasil koreksi dosen, mungkin ada seribu lembar kertas sebelum skripsi jadi,” kenangnya.

Uniknya, dia meminta kepada ornag tua agar tidak memaksa menikah dan lainnya, karena masih ada cita-cita yang harus dikejar. Dia juga meminta maaf kepada dosen apabila dalam proses kuliah ada kesalahan yang diperbuat.

Orang tua mahasiswa, Masluh yang mewakili sambutan menambahkan, semua mahasiswa yang lulus akan menghadapi kehidupan nyata. Bukan seperti saat masa kuliah, sehingga memang harus siap dalam menghadapinya. ”Kami yakin mampu menghadapi dunia nyata dengan ilmu yang didapat semasa kuliah,” terangnya.

Dirinya berharap, semua lulusan UMK menajdi generasi santun, cerdas dan berjiwa wirausaha seperti yang ditanamkan selama ini. Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada dosen yang telah mengajar anaknya selama ini.

Dekan FKIP Dr. Slamet Utomo menambahkan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa dan orang tuanya atau wali yang hadir dalam acara tersebut. Pihaknya juga meminta doa agar UMK bisa terus maju.

Dirinya juga menjelaskan beberapa keberhasilan FKIP, terutama terkait akreditasi program studi yang ada di FKIP. Karena akreditasi cukup bagus, terutama PBI dan PGSD yang mendapatkan akreditasi A.

Selain itu, prestasi dosen dan mahasiswa juga cukup bagus, ada yang mendapatkan emas dalam even inetrnasional di Malaysia, magang mengajar di luar negeri.  Selain itu ada juga dosen UMK yang mengajar Bahasa Indonesia di luar negeri. ”Saat ini FKIP juga memiliki tiga doctor baru, semakin bertambah,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan Sekar Dwi Ardianti, M.Pd mengatakan, untuk jumlah lulusan yang diwisuda pada Oktober 2019 sebanyak 347 mahasiswa. Terdiri dari S2 PGSD sebanyak 114 orang, Prodi Bimbingan Konseling (BK) sebanyak 30 orang, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) sebanyak 67 orang dan Prodi S1 PGSD sebanyak 236 orang.

Sedangkan wisudawan terbaik yakni, Norhadi dari S2 Prodi PGSD dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 3,96. Untuk Prodi BK ada Arianti Sagita dengan IPK 3,92, lalu wisudawan terbaik dari Prodi PBI yakni Siti Solehah dengan IPK 3,86. Terakhir S1 Prodi PGSD ada Tri Ina Nstainuka dengan IPK 3,96.(Linfokom-Humas)