iden

Mahasiswa UMK dan Warga Bersihkan Hulu Sungai Gelis

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK – Dosen dan Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Muria Kudus bersama warga desa membersihkan hulu Sungai Gelis di Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Selain itu Dinas Kehutanan Wilayah 2 Jawa Tengah juga ikut dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan dilakukan menjelang musim penghujan tiba, ketika nantinya musim hujan tiba, kondisi sungai sudah bersih dari sampah, baik sampah plastik, rumah tangga maupun lainnya. ”Justru saat ini paling pas untuk memebrishkan, agar saat musin hujan tiba, sampah tidak menymbat aliran sungai,” kata Dosen Fakultas Pertania Hendy Hendro Srijono saat kegiatan berlangsung (7/10/2019).

Hulu Sungai Gelis sampahnya cukup banyak, untuk itu perlu perlu dilakukan permbersihan. Jika tidak diatasi dengan pemebrsihan, maka bisa terjadi banjir karena aliran sungai terhambat sampah. Belum lagi kondisi di hilir juga bisa menambah potensi banjir terjadi.

Sampah yang dikumpulkan dalam bersih-bersih, kurang lebih lima kuintal, itupun hanya sampah plastik. Belum sampah lainnya, sehingga perlu kesadaran bersama untuk melakukan pembersihan sungai, terutama dari warga sekitar aliran sungai.

Pembersihan yang dilakukan sebelum hujan ini dilakukans ebagai langkah antisipasi, sehingga saat hujan turun sampah yang ada bisa diminimalisir. Karena banjir bisa diantisipasi ketika aliran sungainya lancer, tidak tersumbat sampah. ”kalau tersumbat, potensi banjir semakin besar,” terangnya.

Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah 2 Jawa Tengah Puji Hartini mengatakan, Desa Rahtawu banyak objek wisata yang bermunculan. Artinya banyak sampah juga ditinggalkan oleh wisatawan yang datang. ”Ada wisata alam maupun religi yang ada di desa ini. Akhirnya kami putuskan datang untuk kegiatan resik-resik bersama warga,” jelasnya.

Dengan kondisi masih kemarau, maka sampah plastik yang ada di sungai bisa mudah diambil, teramsuk yang terselip dibatu. Berbeda ketika musim hujan sudah datang, justru akan sulti diambil , sehingga sangat pas ketika kegiatan ini dilakukan menjelang musim hujan.(Linfokom-Humas)