iden

Kuliah Perdana FEB, Mahasiswa Dikenalkan Pentingnya Personal Branding

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

UMK – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muria Kudus (UMK) menyelenggarakan kuliah perdana bagi mahasiswa angkatan 2019. Dalam kuliah perdana tersaebut, lebih menkankan kepada pentingnya personal branding bagi kaum millenial.

 Kuliah perdana diisi oleh Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc yang merupakan guru Besar ILMU Perilaku Konsumen, Dekan Fakultas Ekologi IPB. ”Personal branding sangat penting dalam kehidupan sehari-hari,” katanya saat kuliah perdana di auditorium UMK yang dihadiri sekitar 850 mahasiswa, Kamis (19/9/2019).

Personal branding merupakan proses menciptakan ide positif yang kuat , terdefinisi dengan baik, dan tentang seseorang yang akan muncul di benak setiap kali seseorang memikirkan individu tersebut.

Personal branding berguna untuk memperkenalkan diri secara lisan, visual, dan tertulis, untuk membuat aura tentang apa yang harus dilakukan dan untuk menunjukkan kepada orang lain tentang kepercayaan, nilai, dan kemampuan individu. Selain itu juga untuk mengubah atau mengklarifikasi pengaruh.

Peran kepribadian dalam personal branding nampak pada ciri yang berbeda dalam diri seseorang untuk membantu membentuk kepribadian lengkap mereka. Oleh karena itu kepribadian merupakan formulasi pertambahan dari kualitas, kemampuan dan kelemahan diri. ”Kepribadian memainkan peran penting dalam membangun merek pribadi karenak pribadian seorang individu akhirnya menjadi merek dan citra,” terangnya.

Tiga strategi sederhana yang dapat dilakukan oleh generasi millenial diantaranya adalah alasan melakukan suatu aktivitas, memiliki perbedaan dan proposi diri yang unik, dan jejaring sosial.

Adapun tantangan yang dihadapi generasi millennial adalah, volatility, uncertainty, complexity, ambiguity (VUCA). Sementara untuk menangkalnya dengan vision, understanding, clarity, agility. (Linfokom – Humas)