iden

Sebanyak 50 Mahasiswa UMK Terima Beasiswa BI

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK – Sebanyak 50 mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) mendapatkan beasiswa dari Bank Indonesia (BI). Tak hanya beasiswa, mereka juga akan mendapatkan berbagai pelatihan dan kegiatan untuk meningkatkan softskill mahasiswa. Nantinya akan tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (GenBI).
Kepastian beasiswa tersebut setelah dilakukan penandatangan di Kantor Perwakilan BI Jawa Tengah kemarin. Penandatanganan langsung dilakukan oleh Rektor UMK Dr. Suparnyo, SH. MS dan Kepala Perwakilan BI Jateng, Soekowardojo.
Rektor UMK Dr. Suparnyo, SH. MS mengatakan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada BI terkait kerjasama tersebut. Apalagi kerjasama berupa pemberian beasiswa sangat membantu mahasiswa. ”Tidak hanya sekadar mendapatkan beasiswa berupa uang, melainkan juga berbagai kegiatan positif kepada mahasiswa,” katanya kemarin.
Pihaknya mendapatkan jatah sebanyak 50 mahasiswa, akkhirnya harus dilakukan seleksi terlebih dahulu. Secara internal, sudah dilakukan screening, karena memang harus sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh BI.
Mereka yang mendapatkan beasiswa tersebut akan mendapatkan Rp 1 juta setiap bulannya. Selain itu juga masuk dalam GenBI yang akan ada banyak kegiatan positif. Mereka nantinya akan menjadi front liner yang mengkomunikasikan kelembagaan dan berbagai kebijakan BI kepada semua mahasiswa dan masyarakat umum.
Lalu dari GenBI diadakan berbagai pelatihan guna mencetak pemimpin muda diberbagai bidang dan tingkatan dan mereka juga harus menjadi role model dikalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat.   ”UMK akan membuat komisariat GenBI,” terangnya.
Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Jateng Soekowardojo mengatakan, beasiswa yang dilakkukan oleh BI merupakan bentuk keberpihakan kepada dunia pendidikan. Sudah ada sekitar 19.000 mahasiswa yang sudah mendapatkan beasiswa BI seluruh Indonesia. ”Tahun ini kami perluas,” jelasnya.
Ada tambahan dua universitas di Jawa Tengah yang mendapatkan beasiswa BI, yakni UMK dan Universitas Tidar. Masing-masing universitas tersebut mendapatkan jatah 50 mahasiswa, nantinya setiap bulan akan mendapatkan Rp 1 juta. Beasiswa ini berjalan dalam satu tahun.
Untuk mendapatkan beasiswa saat ini memang banyak pilihannya, namun beasiswa BI memiliki kegiatan positif lain, ada wadah bagi penerima beasiswa BI, yakni GenBI. ”Banyak kegiatan sosial nantinya yang juga melibatkan GenBI,” ungkapnya.
Mereka juga memiliki kesempatan untuk bekerja di BI, karena pihaknya memang akan melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi. Mereka yang diterima di BI tentunya dengan catatan memiliki kompetensi dan mau bekerja di BI. (Linfokom – Humas)