iden

Media Group Latih Jurnalistik Pegawai dan Mahasiswa UMK

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK – Media Group memberikan pelatihan kepada pegawai dan mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK). Kegiatan tersebut dilakukan selama tiga hari, namun selama enam bulan usai pelatihan tiga hari selesai akan dilakukan pendampingan. Tujuannya untuk memastikan perkembangan pelatihan berjalan baik dan peserta pelatihan bisa membuat karya jurnalistik dengan benar.

Pemateri dari Media Indonesia Gantyo Koespradono mengatakan, kegiatan berlangsung selama tiga hari, tidak hanya teori saja, melainkan juga lebih banyak kepada praktek. Teori dilakukan pada hari pertama dan hari kedua lebih kepada praktek lapangan atau pembuatan majalah. "Kita beri tugas langsung, karena jika diberikan teori terus tentu akan membosankan," katanya kemarin.

Sebanyak 50 peserta dibagi menjadi tiga kelompok, satu kelompok fokus kepada cetak, kelompok kedua fokus kepada online dan kelompok ketiga fokus kepada broadcast.

Hari kedua semuanya diminta untuk praktek langsung, sementara hari ketiga nantinya akan dilakukan evaluasi. Pemateri langsung melakukan pendampingan dalam proses tersebut.

Setelah pelatihan selama tiga hari selesai, pihaknya akan melakukan pendampingan selama enam bulan usai pelatihan. Sehingga usai pelatihan, masih akan dilakukan evaluasi. "Pemateri tetap akan melakukan pendampingan sampai peserta menguasai materi, jadi tidak ditinggal begitu saja, masih didampingi terus," terangnya.

Salah satu peserta, Didik Prakoso mengatakan, untuk pelatihan jurnalistik hari kedua lebih kepada praktek pembuatan master desain untuk layout, selain itu ada juga praktek membuat paragraph style. Pemateri mendampingi langsung setelah sehari sebelumnya diberikan teori. Utuk hari ketiga lebih kepada evaluasi.

"Dengan perbanyak praktek tentu akan membuat kami lebih memahami bagaimana membuat desain layout yang baik, nantinya disesuaikan dengan buletin kami," ujarnya.

Sementara itu, peserta lain Epafras Fariz Kurniawan menambahkan, untuk kelas broadcast praktek dalam pembuatan Voice Over, Sound on Tape hingga Live on Tape. Sebelumnya juga diminta untuk membuat vlog.

Praktek tersebut memang sangat dibutuhkan ketika membuat berita video yang baik sesuai dengan kaidah jurnalistik, khususnya TV.

Sementara itu, Rektor UMK Dr. Suparnyo, SH. MS mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang sudah dijalin dengan Media Group, termasuk kerjasama dalam pelatihan jurnalisitik. Harapannya peserta bisa memaksimalkan medianya masing-masing, baik website program studi maupun mahasiswa agar bisa lebih baik lagi.(Linfokom-Humas)