iden

UMKM Pati Antusies Saat UMK Berikan Pelatihan membuat Business Plan

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

UMK – Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati bersama Universitas Muria Kudus memfasilitasi pelatihan kewirausahaan melalui pelatihan Business Plan untuk UMKM. Tujuannya agar pelaku UMKM memahami pentingnya membuat perencanaan binis untuk memajukan usaha.

Peserta pelatihan terdiri dari 35 UMKM yang ada di Kabupaten Pati, yang terbagi ke dalam beberapa kelompok UMKM yaitu UMKM makanan ringan, UMKM kerajinan dan UMKM batik. Kegiatan diselenggarakan mulai 24 – 28 Juni 2019 dengan narasumber dari Universitas Muria Kudus dan Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Tengah.

Ketua Pelaksana Mukhamad Nurkamid, S.Kom, M.Cs mengatakan, pelatihan kewirausahaan yang fokus kepada Business Plan sebagai salah satu strategi UMKM agar maju dan berkembang. ”Pelaku UMKM dituntut produktif, termasuk dengan memanfaatkan teknologi,” katanya kemarin.

Dengan memanfaatkan teknologi, UMKM dapat menjual produknya dengan lebih mudah dan memiliki target pasar yang lebih luas. Beberapa peserta merespon positif dengan adanya pelatihan business plan ini. Selain menambah ilmu para peserta juga bisa bertukar informasi sesama UMKM terkait kendala pemasaran produk.

Sementara itu, Kabid UMKM Iwan Trisno mengatakan tujuan kegiatan penyelenggaraan pelatihan kewirausahaan diharapkan pelaku UMKM bisa menyusun rencana usaha dengan baik. ”Rencana usaha sangat penting, sehingga focus pengembangan usaha bisa terarah,” jelasnya.

Selain itu, meggunakan business plan yang tepat dalam kegiatan usaha bisa untuk mempertahankan bisnis yang telah eksis dan memudahkan expansi bisnis di lingkungan yang penuh kompetisi. Karena persaingan cukup ketat, maka rencana usaha harus matang.

Usai pelatihan, peserta diajak berkunjung ke beberapa UMKM percontohan yang telah berkembang di kota Surakarta dan Wonogiri. Sehingga melihat secara langsung rencana usaha yang dibuat dari UMKM yang sudah menerapkan. ”Usai acara tetap ada kegiatan lanjutan,” imbuhnya.

Kegiatan pengabdian masyarakat diketuai Mukhamad Nurkamid dari Jurusan Teknik Informatika, untuk anggota Budi Gunawan dari Jurusan Teknik Elektro dan Sri Mulyani dari Akuntansi. Pelatihan tersebut diselenggarakan di aula Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati.(Humas)