iden

Hadapi Akreditasi, Sepuluh Sekolah Dilatih UPT Perpustakaan UMK

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK – UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus (UMK) bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kudus melaksanakan pelatihan kepada sepuluh sekolah. Pelatihan ini dilaksanakan untuk membantu sekolah tersebut saat proses akreditasi perpustakaan.

Kepala UPT Perpustakaan UMK Noor Athiyah mengatakan, pihaknya sangat bangga bisa membagi ilmu dengan pengelola perpustakaan sekolah. Karena memang untuk mengelola perpustakaan butuh sistem yang baik, harus ada standarnya. ”Beberapa komponen penting harus di kuasai,” katanya saat pelatihan di ruangan Waroeng Perancis 2 April 2019 lalu.

Ada enam instrumen yang harus dilengkapai dalam pengelolaan eprpustakaan yang  baik. Yakni koleksi buku, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan pengelolaan, dan komponen penguat.

Pihaknya memahami untuk sekolah memang ada beberapa kendala yang harus dihadapi untuk memenuhi enam komponen tersebut. Tentunya harus dicarikan solusi bersama di internal institusi itu sendiri agar perpustakaan bisa beroperasi maksimal.

Sementara itu, Pustakawan dari IAIN Kudus Radiya Wira Buana menambahkan, enam kompoten tersebut idealnya memang harus dipenuhi. Namun berdasarkan pengalamannya dalam melakukan akreditasi perpustakaan ada instrumen yang jadi kendala. Yakni terkait anggaran perpustakaan yang amsih jauh dari instrument tersebut.

Pengelola perpustakaan sekolah,  Dinar Rahmawati mengaku senang dengan pelatihan tersebut. Karena dirinya sudah mendapatkan kekurangan dan kelebihan eprpustakaannya untuk mengahadapi akreditasi.

Sehingga pihaknya memiliki gambaran mana yang harus dilengkapi untuk menutupi kekruangan yang ada. ”Kami jadi bisa membayangkan apa yang harus dipersiapkan,” terangnya.

Perwakilan Dinas Perpustakaan dan Arsip daerah Abdul Rokhim berharap dengan pelatihan tersebut perpustakaan-perpustakaan yang sudah di tunjuk untuk mengikuti akreditasi perpustakaan bisa mendapatkan hasil makasimal. Tentunya dengan bekerja maksimal usai pelatihan yang dilakukan.

Sekolah yang mengikuti pelatihan untuk akreditasi perustakaan adalah  SD 3 terban, SD Cahaya Nur, SDIT Al Islam, SD 1 Bae, SD 2 Wergu Wetan, SMP 2 Kudus, SMP 2 Gebog, MAN 2 Kudus, SMP Keluarga, SMA 1 Kudus, SMA 1 Bae.(linfokom)