iden

Fakultas Teknik dan PT Kayaba Jalin Kerjasama

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Praktek : Mahasiswa Teknik Mesin sedang melakukan servis motor milik civitas akademika UMK. Praktek bengkel dibuka setiap Selasa itu, wujud aplikasi bidang keilmuan mahasiswa. Dok : Portal.

UMK Dalam mempersiapkan mahasiswa siap kerja, Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus (UMK) jalin beberapa kerjasama. Kerjasama ini melibatkan perusahaan, masyarakat, serta stake holder lainnya. Salah satu mitra kerjasama yang sudah pernah dijalin adalah PT Kayaba, Jakarta.

Dekan Fakultas Teknik Sugeng Selamet, ST, MT mengatakan, keberlanjutan kerjasama dengan PT Kayaba dapat menguntungkan kedua belah pihak. Menurut penuturan Sugeng, keuntungan UMK adalah kepercayaan menggunakan fasilitas perusahaan sebagai tempat magang mahasiswa dan penyedia SDM. Ada sekitar 5 mahasiswa jurusan Mesin FT yang ikut diwawancarai Ir. Subroto, tim HRD PT Kayaba.

Perusahaan yang khusus memproduksi shock- breaker motor ini, telah merekrut tenaga kerja mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. Kampus UMK berkesempatan sama dalam menempatkan mahasiswanya. Mahasiswa magang digaji utuh sesuai upah minimum kota (UMK) sekitar 800 ribu perbulan,tambah Sugeng.

Keuntungan lainnya, mahasiswa dapat belajar langsung dari perkembangan teknologi baru. PT Kayaba (anak perusahaan PT Astra) ini telah menggunakan teknologi tinggi (high technology). Peningkatan soft skill yang berguna untuk mahasiswa. (Ulin- Portal)