iden

Masuk Dunia Kerja, Harus Tingkatkan Kompetensi

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

UMK – Banyak pengangguran yang mencari kerja, sementara perusahaan sulit mendapatkan karyawan kompeten. Artinya, mereka yang ingin mencari kerja termasuk mahasiswa harus memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

 Itulah yang terungkap dalam workshop carrier yang dilaksanakan Pusat Karir dan Pelacakan Alumni (PKPA) di Auditorium Universitas Muria Kudus (UMK) Sabtu (16/3/2019).

Kepala HRD PT. Hartono Istana Teknologi (HIT) atau Polytron, Tjahyono Pamudji mengatakan, kita banyak melihat ramainya orang datang ketika ada jobfair. Sementara perusahaan justru kesulitan mencari karyawan berkompeten. ”Bahkan ketika ada seratus orang pelamar, bisa jadi semuanya tidak diterima,” katanya kemarin.

Karena bagi perusahaan, hanya memilih mereka yang memiliki kompetensi, bukan dilihat dari IPK tinggi atau tidak. Biasanya, mereka akan menetapkan pilihan ketika tes wawancara, karena tes psikologi juga tidak banyak berpengaruh dalam penentuan.

Bagi perusahaan, yang terpenting adalah interpersonal skill dan intrapersonal skill. Selain itu yang terpenting adalah mereka yang ingin terus belajar. ”Karena pendidikan atau belajar tidak ada habisnya,” terangnya.

Selain itu, attitude and behaviour juga menjadi hal penting dalam sebuah perushaan, ketika karyawan memiliki attitude and behaviour yang baik, tentu akan membantu perusahaan untuk berkembang. Sehingga ketika mencari karyawan, aspek tersebut akan menjadi pertimbangan.

Dia menambahkan, di perusahaan gelar tidak terlalu penting, karena yang terpenting adalah bagimana bekerjadan berkarir dengan baik. Karir dalam hal ini adalah apa yang diahsilkan karaywan akan membawa dampak baik bagi perusahaan. ”Kuliah itu penting, untuk menambah knowledge, namun yang terpenting mau terus belajar, termasuk ketika sudah bekerja,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor 3 UMK Rohmad Winarso, M.T mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa nantinya lebih siap memasuki dunia kerja. Karena dalam dunia kerja tentu akan berbeda, karena memang mahasiswa yang belum pernah merasakan bekerja di sebuah perusahaan akan kaget.

Namun dengan pembekalan ini, diharapkan mahasiswa mengetahui apa yang harus dilakukan saat di dunia kerja. Mahasiswa bisa mengetahui kelebihan dan kelemahan diri masing-masing. ”Namun yang terpenting adalah syukuri pekerjaan anda dan cintai pekerjaan anda,” imbuhnya.(linfokom)