Tiga Mahasiswa Terpilih Sebagai Mapres, UMK Berikan Beasiswa Luar Negeri

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK – Mahasiswa Berprestasi (Mapres) Universitas Muria Kudus (UMK) akhirnya ditentukan setelah mengikuti berbagai penilaian. Juara 1 dan peringkat dua dan tiga berhak mendapatkan penghargaan dan beasiswa luar negeri.

Wakil Rektor UMK Rohmad Winarso ST. MT mengatakan, proses pemilihan Mapres meliputi berbagai rangkaian. Terakhir berupa presentasi karya ilmiah dan diuji oleh juri Mapres. ”Serangkaian tes dilakukan untuk menentukan poin terbanyak,” katanya Sabtu (23/2/2019).

Aspek penilaian antara lain indek prestasi komulatif (IPK), karya ilmiah, organisasi, prestasi, kepribadian hingga bahasa asing atau Inggris. Untuk psicotest menjadi aspek paling penting dalam penentuan poin.  

Dari seluruh pendaftar, diambil sebanyak 10 mahasiswa untuk tahap selanjutnya. Sepuluh mahasiswa tersebut akan mendapatkan penghargaan. Setelah sepuluh orang tersebut diseleksi, akhirnya dipilih tiga mahasiswa.

Khusus juara pertama akan dikirim dalam kegiatan Mapres tingkat lanjut atau rayon LL Dikti 6 Jawa Tengah. Kali ini, tahap lanjutan akan semakin ketat karena juga bersaing dengan mahasiswa dari perguruan tinggi (PT) negeri. ”Tentunya kita tetap optimis mampu bersaing,” terangnya.

Sebenarnya pihaknya masih melakukan korodinasi agar mahasiswa yang ikut Mapres ditingkat rayon bisa lebih dari satu, namun sampai saat ini belum bisa dipastikan. Namun yang pasti juara 1 bisa mengikuti.

Khusus dari UMK, tiga mahasiswa yang terpilih tersebut akan mendapatkan penghargaan dan beasiswa ke luar negeri. Sehingga mereka akan mendapatkan pengalaman lebih untuk mengembangkan diri.

Dengan kegiatan tersebut, diharapkan kedepan semakian banyak mahasiswa mengikuti program Mapres tersebut. Karena semakin banyak peserta, maka kompetisi positif makin tinggi.

Tiga mahasiswa yang terpilih dalam program Mapres yakni Nailatul Izzah dari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Brian Priyangga dari PGSD dan Amalia Murbawanti dari Pendidikan Bahasa Inggris.(linfokom)